Yamaha Maxi Series Tidak Bisa Distarter

Cara Mengatasi Yamaha Maxi Series Tidak Bisa Distarter, Begini Penjelasannya

Bagi sobat bikers yang gemar atau telah memiliki sepeda motor bermerk Yamaha Maxi Series seperti Yamaha Nmax, Aerox, dan Lexi, maka anda pasti tahu, jika pada sepeda motor yang termasuk dalam kategori Yamaha Maxi tidak dilengkapi oleh kick starter.

Hal ini pastinya akan membuat anda cukup bingung bagaimana cara mengatasinya apabila suatu saat nanti electric starter tidak berfungsi dengan baik. Nah, apakah sobat bikers tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? Jika belum, maka anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara mengatasi Yamaha Maxi series tidak bisa distarter.

Perlu anda ketahui bahwa saat ini, banyak sekali sepeda motor Yamaha Maxi series yang beredar di Indonesia. Mungkin karena sepeda motor yang tergolong kategori ini (Yamaha Nmax, Aerox dan Lexi) memiliki tampilan yang berbeda dengan sepeda motor pada umumnya.

Atau mungkin memiliki teknologi yang lebih maju dari pada sepeda motor merk lain. Salah satu perbedaan yang membedakan antara sepeda motor merk Yamaha Maxi Series dengan sepeda motor pada umumnya adalah pada sepeda motor Yamaha Maxi Series yang tidak memiliki komponen kick starter, berbeda dengan motor pada umumnya yang memiliki komponen tersebut.

Hal ini tentunya akan menjadi masalah jika electric starter tidak berfungsi sehingga motor pun tak akan bisa di starter. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai cara mengatasi Yamaha Maxi series tidak bisa di starter, yaitu:

Bersihkan Kotoran di Area Switch Stand atau Sensor Standar Samping

Cara mengatasi Yamaha Maxi Series tidak bisa di starter, yaitu anda bisa mengecek pada bagian atau area switch stand atau sensor standar bagian samping. Hal ini karena saat musim hujan tiba, kotoran banyak yang menempel di area atau bagian tersebut.

Tingginya aktivitas yang dilakukan di jalanan, akan meningkatkan resiko starter menjadi terganggu. Sehingga apabila kotoran menumpuk pada sensor standar samping, maka biasanya akan membuat bagian starter menjadi error, dimana standar sudah dinaikkan namun mesin masih menyala.

Jika anda menemui masalah seperti ini di kemudian hari tak usah khawatir, apalagi sampai panik. Coba lakukan pengecekan lebih lanjut terlebih dahulu dan bersihkan secara perlahan bagian switch standnya. Jika sudah anda lakukan cara ini namun belum berhasil, berarti ada komponen lain yang mungkin bermasalah seperti halnya pada tombol starter.

Sebagai pengingat, meskipun anda sudah membersihkan bagian switch standnya pada saat timbul masalah, maka selanjutnya jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin. Apalagi jika musim hujan mulai datang, setidaknya 1 minggu sekali anda wajib untuk membersihkannya ya.

Bersihkan Kotoran Pada Tombol Starter yang Ada di Setang Motor

Cara mengatasi Yamaha Maxi Series tidak bisa di starter yang kedua yaitu anda bisa melakukan pengecekan pada tombol starter yang berada di bagian setang motor anda. Jika terdapat kotoran, maka anda harus segera membersihkannya. Anda bisa mencoba membuka tombol starter menggunakan obeng plus.

Dan jika ada kotoran yang menumpuk. maka anda bisa menyemprotkan cairan penetran untuk mengangkat kotoran. Jangan membersihkan asal – asalan yang justru bisa menambah parah kondisi dari tombol starter motor anda tersebut. Misalnya saja anda menggunakan lap yang lembab dan kotor, tentu sangat tidak disarankan ya.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai cara mengatasi Yamaha Maxi series tidak bisa di starter yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang saya buat pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi anda. Dan semoga melalui artikel ini, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda dalam penulisan artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *