Toko Racing Motor Terlengkap: Kenali 5 Komponen Penting Motor Balap

Di toko racing motor terlengkap, Anda bisa temukan segala sparepart motor yang memang dibutuhkan untuk melaju di lintasan sebanyak puluhan lap atau putaran. Nah, selain mesin, apa saja ya komponen penting motor balap yang wajib diperhatikan?

Suspensi

Motor balap bukan hanya harus cepat, tapi juga nyaman dikendarai sang pembalap. Karena itu, modifikasi kaki-kaki kendaraan pun merupakan salah satu poin terpenting yang wajib diperhatikan, termasuk pemasangan suspensi. Untuk hal yang satu ini, pengaturannya perlu dilakukan berdasarkan karakter dan kondisi fisik pembalap. Pengaturan suspensi pun penting dilakukan karena percuma memiliki motor yang kencang, namun sulit dikendalikan. Dengan pengaturan suspensi yang benar, penggunaan ban bahkan dapat dihemat.

Rem

Bagian kaki-kaki motor yang penting lainnya adalah rem, yang memang wajib diperhatikan untuk segala jenis kendaraan bermotor, untuk balap maupun pemakaian sehari-hari. Pasalnya, dalam kondisi motor melaju dalam kecepatan tinggi, sektor pengereman harus bekerja ekstra keras demi bisa menahan laju kendaraan. Karena itu, mumpung berada di toko racing motor terlengkap, pilih komponen rem yang 100% mumpuni dan berkualitas. Pasalnya, tak perlu dipertanyakan lagi seberapa kencang laju motor racing yang dibawa di lintasan, kan?

Ban

Komponen yang juga merupakan bagian kaki-kaki motor ini juga wajib diperhatikan. Pemilihan ban yang tepat pun perlu disesuaikan dengan kebutuhan pembalap, kondisi lintasan, serta kondisi cuaca saat balap. Karena itulah, Anda bisa temukan begitu banyak varian ban yang ada di pasaran. Meski demikian, secara garis besar, tipe ban dapat dikategorikan ke dalam jenis ban untuk trek kering dan trek basah. Di samping itu, pemilihan jenis ban yang tepat pun akan bergantung pada jenis compound-nya – soft, hard, atau medium.

Pengapian (CDI/ECU)

ECU alias Electronik Control Unit adalah komponen yang berfungsi mengoptimasi kinerja mesin kendaraan dan berperan penting dalam performa motor balap. ECU standar pun diset supaya motor lebih irit dalam menggunakan bahan bakar, serta menjaga keawetan spare part dengan menurunkan timing pengapian. Nah, pemilihan komponen yang satu ini perlu memerhatikan kebutuhan balap juga, termasuk jenis motor yang digunakan serta kelas balapnya. Pasalnya, pemilihan ECU yang keliru bisa mengakibatkan motor tidak mampu mengeluarkan tenaga secara maksimal dan pasokan bahan bakar sepanjang balapan.

Stang

Pastinya, baik untuk motor balap atau bukan, pentingnya stang tak perlu lagi dipertanyakan. Coba Anda bayangkan motor tanpa stang, bagaimana Anda bisa menggunakannya, kan? Meski demikian, stang cenderung menjadi bagian yang diremehkan terutama mereka yang awam. Padahal, stang berfungsi untuk mengatur arah laju motor, membelokkan roda, serta mengarahkan jalannya kendaraan. Jadi, fungsi stang jelas sangat penting.

Pastinya, pilih komponen berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Temukan berbagai pilihan spare part untuk kendaraan Anda di toko racing motor terlengkap!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *