Tips Mudah Bikin Rem Tromol Lebih Pakem

Tips Mudah Bikin Rem Tromol Lebih Pakem

Bagi sobat bikers yang masih memiliki motor dengan sistem pengereman tromol, perlu anda ketahui bahwa dibandingkan dengan rem sistem cakram, rem tromol kurang pakem. Sehingga kinerjanya untuk menahan atau menghentikan putaran roda motor menjadi kurang maksimal.

Apakah anda ingin membuat rem tromol motor anda menjadi lebih pakem? Sudahkan anda tahu bagaimana caranya? Jika belum, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai tips mudah bikin rem tromol lebih pakem.

Perlu anda ketahui, bahwa komponen motor yang satu ini (rem tromol) memang terkadang bisa menjadi berbahaya apabila tidak terlalu diperhatikan. Hal ini karena rem tromol sangat erat kaitannya dengan keselamatan saat berkendara.

Fungsi komponen ini yaitu untuk memperlambat  dan juga menghentikan laju kendaraan anda saat melaju dengan top speed atau kecepatan tinggi. Rem tromol yang tidak pakem tentunya akan berakibat fatal karena tidak bekerja dengan fungsinya secara optimal.

Bahkan, risiko kecelakaan pun dapat di sebabkan oleh hal ini. Oleh sebab itu, jika rem tromol motor anda sudah tidak pakem, maka anda harus segera mengatasinya. Berikut adalah tips mudah bikin rem tromol lebih pakem, yaitu:

Lepaskan tromol dan bersihkan

Tips mudah bikin rem tromol lebih pakem, yang pertama yaitu melepaskan tromol dan membersihkannya. Anda dapat melepaskan terlebih dahulu dudukan kampas rem dan juga tromol secara perlahan, setelah terlepas anda bisa membersihkan tromol tersebut menggunakan kain lap yang bersih.

Anda juga bisa memanfaatkan angin bertekanan tinggi (compressor) untuk membersihkan tromol. Pastikan bahwa tidak ada satu pun debu atau sisa kampas yang masih tertinggal di dalam lubang tromol.

Rendam kampas rem motor

Tips mudah bikin rem tromol lebih pakem, yang kedua yaitu dengan merendam kampas rem motor anda. Caranya anda bisa terlebih dahulu melepas kampas rem dari dudukan tromol. Jika sudah berhasil terlepas, anda bisa merendamnya di dalam air biasa hingga meresap ke dalam kampas rem.

Setelah itu, anda bisa mengeringkannya dengan menjemur langsung di bawah terik matahari sampai benar-benar kering. Setelah kampas rem kering, anda baru bisa memasangnya kembali ke dalam lubang atau dudukan rem tromol.

Jangan lupa untuk mengoleskan sabun colek pada tromol dan kampas rem. Namun, jika kampas rem sudah tipis, maka sebaiknya anda mengganti dengan kampas rem tromol yang baru. Langkah terakhir, anda bisa mengencangkan baut kabel rem pada tromol agar sesuai dengan keinginan anda.

Lakukan Service Rutin

Jangan remehkan yang namanya service rutin. Melakukan service rutin ternyata juga bisa dijadikan sebagai solusi untuk mengetahui bagaimana kondisi rem tromol. Selanjutnya jika memang kondisinya masih baik, maka akan dibersihkan dan dipastikan terpasang dengan baik. Namun jika kondisinya sudah tak layak pakai, maka bisa segera diberikan penanganan lebih lanjut seperti halnya melakukan penggantian agar lebih aman.

Gunakan Rem dengan Baik dan Benar

Jika kondisi rem motor anda ingin tetap pakem saat digunakan, penggunaan yang baik dan benar bisa anda perhatikan. Kebiasaan yang anda lakukan saat menggunakan rem, tentu sangat berpengaruh pada peforma dari rem itu sendiri. Dari kebiasaan itulah bisa dijadikan sebagai acuan bahwasannya seberapa baik kondisi dari rem tromol.

Mulai dari sekarang, silahkan nilai sendiri bagaimana cara anda menggunakan rem motor sehari – hari. Jika memang anda menggunakannya dengan kasar, maka mulai dari sekarang sebaiknya perbaiki kebiasaan tersebut ya.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai tips mudah bikin rem tromol lebih pakem. Dengan mengembalikan kebugaran bagian rem pada motor, maka akan membuat perjalanan anda saat berkendara lebih aman dan nyaman tanpa khawatir rem tidak bekerja dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *