Tips Memilih Bahan Jok Motor Saat Akan Menggantinya

Tips Memilih Bahan Jok Motor Saat Akan Menggantinya

Bagi sobat bikers yang gemar mengutak-atik atau memodifikasi motor anda, mungkin bagian Jok motor adalah salah satu sasaran yang wajib anda modifikasi. Hal ini karena jika memodifikasi bagian jok motor, akan memberikan tampilan yang lebih menarik lagi.

Oleh karena itu, jika anda telah melakukan modifikasi pada beberapa bagian di motor anda namun masih menggunakan jok bawaan pabrik (biasa), maka akan terkesan percuma melakukan modifikasi, karena tidak ada kesesuaian antara jok motor anda dengan komponen yang lainnya.

Akan tetapi jika anda akan mengganti jok motor, maka anda harus benar-benar tahu bagaimana cara memilih bahan jok yang baik. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai tips memilih bahan jok motor saat akan menggantinya.

Perlu anda ketahui, bahwa tampilan jok motor sangatlah berpengaruh pada tampilan keseluruhan bagian motor anda. Bahkan, banyak sekali para modifikator yang mulai memodifikasi motornya pada bagian yang satu ini. Walaupun begitu, dalam memodifikasi jok motor juga harus tetap memperhatikan fungsi utamanya. Yaitu sebagai tempat duduk anda bikers saat berkendara.

Sehingga dalam memodifikasi, anda tidak hanya harus mempermanis tampilan jok saja, namun juga harus memperhatikan kenyamanannya juga. Oleh karena itu, anda harus berhati-hati dalam memilih bahan jok sebelum menggantinya.

Tetapi sebelum itu, apakah anda tahu bagaimana cara memilih bahan jok motor yang benar? Jika belum, maka anda tak perlu khawatir. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai tips memilih bahan jok motor saat akan menggantinya, antara lain:

Pilihlah jok motor berbahan kulit yang berkualitas

Tips memilih bahan jok motor saat akan menggantinya yang pertama yaitu anda harus memilih jok motor berbahan kulit yang berkualitas. Jangan mengganti jok motor anda dengan jok berbahan kulit yang murahan. Hal ini karena selain berpengaruh pada tampilan, kualitas bahan juga akan sangat berpengaruh pada ketahanan jok motor nantinya. Oleh karena itu, anda harus memilih bahan jok yang benar-benar berkualitas.

Pilih jok motor yang memiliki jahitan yang rapi dan bagus

Tips memilih bahan jok motor saat akan menggantinya yang kedua yaitu, setelah anda memilih bahan yang berkualitas, maka selanjutnya anda harus memastikan jika jahitan jok juga bagus dan rapi. Oleh karena itu, jika anda hendak menjahit jok, sebaiknya anda datang ke bengkel spesialisasi jok motor.

Kemudian, anda juga harus memilih busa yang berkualitas untuk isian jok. Selain itu, anda juga harus menyesuaikan warna jok, agar tidak mengalahkan warna dominan pada motor. Jangan sampai warna jok anda tampil mentereng dan berbanding terbalik dengan motornya. Tentu looknya menjadi tiak seimbang dan terkesan kurang menarik.

Pilih jok motor yang tidak licin

Anda pasti pernah kan merasakan membonceng dengan kondisi jok yang licin. Kondisi tersebut dirasa sangat tidak nyaman karena setiap kali stop and go, perpindahan posisi duduk pasti akan terjadi. Itu juga akan meningkatkan resiko kecelakaan, karena pengendara suatu waktu berubah posisi duduk dan keseimbangan atau pun titik fokus berkendara menjadi berkurang.

Pilih jok motor yang tidak menyerap panas

Bahan jok yang mampu menyerap suhu panas, tentu tidak cocok untuk digunakan. Terlebih lagi di Indonesia mempunyai iklim tropis. Rasa panas saat anda sedang duduk di jok membuat kondisi berkendara menjadi tidak nyaman. Misalnya saja saat sedang parkir di area outdoor. Belum lama parkir, rasa panas pada bokong akan terasa menyengat saat anda mendudukinya. Jika anda tak ingin kondisi tersebut terjadi, pastikan jok motor anda tidak mudah menyerap panas ya.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai tips memilih bahan jok motor saat akan menggantinya. Pastikan anda nyaman saat menggunakannya dan tentu saja tidak mudah sobek atau pun rusak. Percuma saja jika anda sudah menggantinya namun belum lama sudah rusak kembali. Pengeluaran pun menjadi semakin membengkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *