Tips Berkendara di Jalan yang Banyak Hewan Sembarangan Menyeberang

Tips Berkendara di Jalan yang Banyak Hewan Sembarangan Menyeberang

Bagi sobat bikers berkendara di jalan raya dimana melewati atau menemui banyak orang atau pengguna jalan lain adalah hal yang bisa. Hal ini karena jalan raya bukanlah fasilitas pribadi anda melainkan fasilitas umum yang siapa saja berhak memakainya.

Namun, pernyataan ini ternyata tidak hanya dipahami oleh manusia atau pengguna jalan saja, melainkan hewan. Jadi, tak salah bila hewan dengan santainya menyeberang ke jalan raya yang padat akan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Nah, jika anda menemui hal ini, apa yang sebaiknya anda lakukan? Apakah anda harus menabraknya? Tentunya tidak bukan, hanya dalam kondisi darurat saja jika anda ingin melakukan itu. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai tips berkendara di jalan yang banyak hewan sembarangan menyeberang.

Mungkin anda pernah mengalami kejadian saat berkendara dimana tiba-tiba ada seekor hewan yang menyeberang jalan. Pastinya hal ini akan membuat anda kaget. Dan apabila di sigap dalam mengatasinya bisa-bisa anda bisa terjatuh akibat hewan tersebut. Biasanya hewan yang sering sembarangan menyeberang jalan adalah hewan yang tergolong umum di lingkungan masyarakat seperti ayam, kucing, dan bahkan bisa anjing.

Tetapi bagi anda yang berada di bali mungkin akan menemui hewan yang lebih besar, yaitu sapi atau mungkin kerbau. Nah, apabila hal ini terjadi kepada anda, apa sih hal yang harus anda lakukan? Berikut adalah sedikit ulasan mengenai tips berkendara di jalan yang banyak hewan sembarangan menyeberang, yaitu:

Melakukan scanning, yaitu mencegah hewan menyeberang jalan

Tips berkendara di jalan yang banyak hewan sembarangan menyeberang yang pertama yaitu anda bisa mencegah hewan tersebut agar tidak menyeberang ke jalan. Namun, hal ini tentunya bagi anda yang tidak ingin mengambil risiko berbahaya.

Atau minimal anda sudah tahu apabila akan ada hewan yang masuk ke jalan, sehingga anda bisa menganalisa dengan cepat ke arah mana anda akan menghindar. Anda juga bisa memanfaatkan bunyi klakson untuk mengusir hewan yang ada di depan anda. Cara ini biasanya berhasil pada hewan sepeti ayam, bebek, itik dan unggas lainnya.

Jika terpaksa menabrak, maka segera lakukan antisipasi seperti pengendara motocross

Tips berkendara di jalan yang banyak hewan sembarangan menyeberang yang kedua yaitu jika terlanjur menabrak hewan, maka anda harus segera mengambil posisi seperti pengendara motocross yaitu duduk pada jok bagian belakang. Dan posisi tangan membuka seperti pengendara motocross juga. Hal ini agar siku dapat berfungsi sebagai peredam tambahan saat menabrak hewan.

Jika anda mampu mempraktekkannya dengan baik, maka resiko cidera pun bisa dihindari. Terlebih lagi jika lawan yang anda tabrak adalah hewan berbadan besar, tentu menjadi PR tersendiri. Biasanya hewan yang banyak ditemukan lalu lalang di jalan adalah sapi.

Lebih Baik Mengalah Jika Diperlukan

Jika anda menemukan kawanan hewan seperti halnya sapi dalam jumlah banyak di jalanan, sebaiknya anda mengalah saja untuk menghindari resiko buruk yang mungkin saja terjadi. Anda bisa berhenti terlebih dahulu dan menunggu sampai kondisi benar – benar aman.

Biasanya jika sapi sudah menemukan makanannya, merek akan sibuk dengan sendirinya. Hindari penggunaan klakson yang berlebihan, karena bisa membuat hewan menjadi kaget dan stres. Resiko bahaya pun semakin besar, sapi menjadi bergerak tak terkendali akibat klakson yang anda bunyikan. Untuk itu mengalah memang bisa dijadikan sebagai solusi paling tepat.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai tips berkendara di jalan yang banyak hewan sembarangan menyeberang. Meskipun kondisi tersebut mungkin tidak banyak ditemukan di jalan raya, tidak menutup kemungkinan pada sewaktu – waktu bisa saja terjadi dan anda pun sudah mempunyai bekal pengalaman yang didapatkan dari membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *