Tips Ampuh Hilangkan Suara Berisik dan Getar Pada Body Motor

Tips Ampuh Hilangkan Suara Berisik dan Getar Pada Body Motor

Bagi sobat bikers yang memiliki motor dengan usia yang cukup tua atau tergolong sudah lama, pasti sering kali mengalami atau memiliki masalah pada bagian body motor anda. Apalagi jika anda jarang melakukan perawatan yang tepat untuk motor anda. Permasalahan yang sering terjadi adalah timbulnya suara berisik dan getaran yang berasal dari body motor itu sendiri. Hal pastinya akan sangat mengganggu anda saat berkendara.

Nah, untuk mengatasi hal ini, sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Apakah anda sudah tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan ini? Jika belum, maka anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai tips ampuh hilangkan suara berisik dan getar pada body motor.

Perlu anda ketahui, bahwa permasalahan mengenai suara berisik dan getaran adalah masalah yang sering kali muncul pada sepeda motor yang sudah cukup umur. Seiring bertambahnya usia motor tersebut, maka body motor yang terbuat dari plastik akan berubah menjadi kaku dan rawan getas. Hal ini memiliki efek dapat menimbulkan suara berisik dan getaran karena sambungan antara body plastik motor menjadi renggang.

Oleh karena itu, gejala dari permasalahan yang satu ini sangat umum terjadi pada motor bebek atau skutik dimana sebagian besar bodynya terbuat dari plastik. Meskipun sepele, hal ini tentunya akan mengganggu konsentrasi dan kenyamanan anda dalam berkendara. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai tips ampuh hilangkan suara berisik dan getar pada body motor, yaitu:

Gunakan double tape pada celah bodi yang menimbulkan bunyi

Tips ampuh hilangkan suara berisik dan getar pada bodi motor, yaitu anda bisa memanfaatkan double tape untuk mengganjal celah bodi motor yang menimbulkan suara berisik dan getar. Sebenarnya cara pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan analisa mengenai sumber bunyik berisik pada motor anda terlebih dahulu.

Apakah sumber bunyi dan getaran itu berasal dari body samping motor, atau depan motor atau bahkan mungkin body belakanng motor. Setelah anda menemukan sumber bunyi tersebut, anda bisa mengecek apakah ada baut-baut body motor yang kendor atau kurang rapat.

Jika ada, segera kencangkan baut-baut tersebut. Jika anda sudah selesai mengencangkan baut-baut pada body motor anda namun suara berisik masih  timbul, maka anda bisa manfaatkan double tape dengan memasangnya pada celah body motor yang menimbulkan suara berisik.

Gunakan Kain Bekas Sebagai Ganjal Agar Tidak Bergetar

Dengan adanya ganjalan pada bagian body motor yang bergetar, getaran yang ada tersebut bisa diredam oleh kain bekas yang anda selipkan atau ganjalkan. Motor yang memiliki usia semakin lama, tentu bagian bodynya mulai kendor dan terdapat banyak renggangan. Hal ini wajar terjadi pada banyak motor, jadi anda bisa memanfaatkan kain bekas sebagai solusi agar tidak timbul getaran dan suara kembali.

Selain kain, anda juga bisa memanfaatkan kaos kaki yang sudah tidak terpakai. Silahkan gulung secara perlahan, dan ikat menggunakan tali atau pun karet. Kaos kaki terbukti efektif digunakan untuk mengganjal body motor yang bergetar, khususnya pada bagian dekat lampu belakang yang sangat rentan terjadinya getaran dan suara berisik. Kemudian bagian depan dekat dengan plat nomor. Tak perlu membongkarnya, selipkan secara perlahan dan tekan ke bagian dalam. Usahakan semua bagian kaos kaki masuk dengan sempurna ya.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai tips ampuh hilangkan suara berisik dan getar pada body motor. Suara berisik dan getar pada bagian motor, mulai dari sekarang jangan dianggap sebagai suatu hal yang biasa atau karena usia dari motor itu sendiri. Setelah anda menyimak ulasan di atas, tentu anda sudah paham betul bagaimana memberikan penanganan terbaik agar perjalanan anda menjadi menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *