Tips Ampuh Bikin Sokbreker yang Lemes Jadi Berfungsi

Tips Ampuh Bikin Sokbreker yang Lemes Jadi Berfungsi

Bagi sobat bikers yang ingin memiliki motor yang nyaman, maka kinerja sokbreker atau suspensi harus selalu anda perhatikan. Hal ini karena komponen vital ini, memiliki fungsi yang sangat berpengaruh bagi kenyamanan motor anda yaitu sebagai peredam guncangan akibat jalanan yang tidak rata. Perlu anda ketahui, bahwa dengan seiring berjalannya waktu, kinerja sokbreker pastinya akan mengalami penurunan terlebih lagi apabila anda jarang melakukan perawatan terhadap komponen motor yang satu ini.

Oleh karena itu jika Sokbreker pada motor anda sudah terasa lemas maka akan membuat kenyamanan motor anda menjadi menurun juga. Sebenarnya ada cara untuk membuat sokbreker motor anda menjadi normal lagi. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai tips ampuh bikin sokbreker yang lemas jadi berfungsi normal.

Perlu anda ketahui bahwa untuk menjaga kenyamanan pada motor anda, maka anda harus rajin merawat sokbreker atau suspensi pada motor anda sendiri. Sebenarnya cara merawat sokbreker itu cukup mudah. Anda hanya tinggal selalu menjaga kebersihan sokbreker saja. Terutama dari kotoran dan debu. Karena itulah musuh utama dari sokbreker motor anda.

Namun, kebanyakan orang tidak memperhatikan kondisi sokbreker bagian depan motor. Oleh karena itu, sokbreker depan pastinya akan menunjukkan kinerja yang buruk. Biasanya masalah yang sering menyerang pada sokbreker bagian depan adalah kondisi per yang sudah lemas sehingga tidak bisa menahan redaman lagi. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai tips ampuh bikin sokbreker yang lemas jadi berfungsi normal pada motor honda beat yaitu:

Mengganjal dengan per sokbreker lainnya

Tips ampuh bikin sokbreker yang lemas jadi berfungsi normal, yaitu dengan mengganjal sokbreker motor yang sudah lemas dengan sokbreker lainnya. Anda bisa menambahkan per klep bekas setebal  9,82 mm atau di bulatkan menjadi 10 mm. Hal ini karena ukuran normal jika akan melakukan  penambahan memang seperti itu. Jika berlebihan maka akan membuat sokbreker motor anda menjadi keras dan malah akan tidak nyaman.

Cara memasangnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengukur terlebih dahulu per klep dan menandainya agar nanti saat di potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Potonglah per klep menggunkan gerinda dan tempatkan potongan per klep tersebut di atas per sokbreker asli. Dan apabila oli sokbreker sudah lama, sebaiknya anda menggantinya dengan yang baru. Kemudian setelah dirakit, silakan rasakan perbedaan redamannya.

Membersihkannya Secara Rutin

Menjaga kebersihan komponen motor memang sangat dianjurkan. Kinerja motor bisa menjadi tidak maksimal akibat adanya debu yang sudah sering menempel dan tak kunjung mendapatkan perhatian dari pemiliknya. Jangan anggap remeh debu yang menempel di permukaan komponen motor anda, ternyata terdapat beragam masalah yang bisa timbul di kemudian hari.

Untuk itu meluangkan waktu setidaknya 3 sampai 7 hari sekali tentu saja bisa dilakukan. Untuk membersihkannya sebenarnya tak membutuhkan waktu lama asalkan anda mempunyai kemauan yang kuat. Anda bisa menggunakan air yang mengalir terlebih dahulu, kemudian angkat dengan sabun motor khusus agar tidak mudah rusak.

Melakukan Perawatan Secara Berkala

Dimana – mana keberadaan perawatan motor secara rutin dan berkala memang sangat penting untuk dilakukan guna menjaga peforma motor itu sendiri. Namun sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak menghiarukan kebersihan motornya. Jika hal tersebut dibiarkan terjadi, tentu saja akan menimbulkan kerusakan dalam jangka panjang. Jadi jika anda memang tak punya banyak waktu luang, bisa saja anda menitipkan motor tersebut ke tempat cuci motor langganan saja.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai tips ampuh bikin sokbreker yang lemas jadi berfungsi normal. Dengan memahaminya baik – baik, pembengkakan biaya yang mungkin saja ditimbulkan bisa diminimalisir dan ditekan karena anda sendiri sudah bisa mengatasinya secara mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *