Seberapa Efektifkah Ban Tubeless Untuk Mengatasi Ranjau Paku

Seberapa Efektifkah Ban Tubeless Untuk Mengatasi Ranjau Paku

Bagi sobat bikers yang sering berkendara di jalan raya di setiap harinya, mungkin anda perlu mempersiapkan segala sesuatu yang dapat menjamin keselamatan anda saat berkendara. Tak hanya perlu memperhatikan kelengkapan safety yang akan anda pakai saja, anda juga harus memperhatikan kondisi motor dan komponen-komponen pada motor yang sekiranya dapat mendukung dalam mengatasi segala sesuatu jika misalnya terjadi sesuatu saat anda berkendara di jalan raya.

Hal yang paling sering terjadi adalah ban kempis akibat terkena ranjau paku. Hal ini pastinya akan membuat anda kesal. Namun, dalam masalah ini, sebenarnya ada cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan ban tubeless. Akan tetapi apakah hal ini efektif? Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai seberapa efektifkah ban tubeless untuk mengatasi ranjau paku.

Perlu anda ketahui, bahwa masalah ranjau paku adalah masalah yang umum sekali kita jumpai saat berkendara di jalan raya. Bahkan, ranjau paku ini biasanya telah sengaja di pasang oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab demi keuntungan pribadi untuk mendapatkan penghasilan sebanyak – banyaknya. Hal seperti ini tentu merusak reputasi mereka – mereka yang sebenarnya tidak bersalah. Mereka Yang jujur bisa saja dituding dan dipukul rata menjadi tersangka.

Namun, juga terkadang tidak semua perkara tadi disebabkan oleh oknum-oknum tersebut. Jadi apabila hal ini terjadi pada ban motor anda mana anda jangan langsung berpikiran negatif. Karena mungkin saja, memang ada paku yang tidak sengaja terjatuh sehingga mengenai ban motor anda.

Oleh karena itu, mungkin anda pernah berpikir bahwa masalah ini dapat di atasi dengan mengganti ban motor anda menggunakan ban tubeless. Namun, apakah langkah ini efektif? Berikut adalah sedikit ulasan mengenai seberapa efektifkah ban tubeless untuk mengatasi ranjau paku, berikut penjelasannya:

Ban tubeless hanya akan menunda waktu pengempisan ban sedikit lebih lama

Seberapa efektifkah ban tubeless untuk mengatasi ranjau paku, bahwa sebenarnya ban tubeless hanya akan menunda pengempisan ban sedikit lebih lama. Jadi, sebenarnya ban tubeless hanya akan memberikan waktu bagi anda untuk mencari bengkel terdekat untuk memperbaiki ban motor anda, maka ban tubeless tidak dapat dikatakan efektif jika digunakan untuk perjalanan jauh.

Hal ini karena lama-kelamaan ban akan mengempis meskipun terkadang paku tidak di cabut dari permukaan ban. Jadi, bisa saja ban tidak bocor selama paku tidak di cabut. Namun jika anda sudah menemui ranjau paku menancap pada ban tubeles motor anda, sebaiknya segera berikan penanganan sebelum proses pengempesan terjadi ya.

Jangan beranggapan paku yang menancap pada ban tubeles aman – aman saja. Dalam jangka waktu tertentu, bisa saja kondisi ban menjadi kempes datang kapan saja. Belum lagi resiko lain seperti kerusakan pada bagian velg motor.

Anda bisa menggunakan cairan anti bocor untuk membuat ban tubeless bekerja lebih efektif

Seberapa efektifkah ban tubeless untuk mengatasi ranjau paku, berbeda lagi apabila anda menambahkan cairan anti bocor pada ban tubeless motor anda. Maka hal ini sangat efektif untuk mengatasi kebocoran ban akibat ranjau paku. Hal ini karena cairan anti bocor ini akan segera menutup lapisan permukaan ban yang terkena paku, sehingga angin di dalam ban pun tidak keluar dan ban motor anda dapat terus di gunakan.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai seberapa efektifkah ban tubeless untuk mengatasi ranjau paku. Meskipun anda sudah menggunakan ban tubeles, tetap saja harus selalu waspada dan hindari jalanan – jalanan yang berpotensi terdapat ranjau paku. Jangan asal lewat dan kebut – kebutan saja tanpa mempertimbangkan resiko ranjau paku yang bisa menghantui anda saat berkendara kapan saja. Menjadi pengendari yang bijak dan cerdas, tentu bisa menekan potensi kerugian bagi anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *