Rem Motor Cara Kerja dan Waktu Penggantian

Rem Motor: Cara Kerja dan Waktu Penggantian

Bagi sobat bikers rem adalah komponen penting yang harus ada pada sepeda motor. Pasalnya rem memiliki fungsi yang sangat penting  untuk memperlambat laju kendaraan dan berkaitan berkaitan langsung dengan keselamatan anda saat berkendara. Oleh karena itu setiap motor wajib memiliki sistem pengereman yang baik. Namun, kali ini saya tidak akan membahas masalah keselamatan berkendara melainkan cara kerja dan waktu penggantian rem motor.

Apakah anda tahu bagaimana cara kerja rem motor dan kapan waktu penggantiannya? Jika belum, maka anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai rem motor, cara kerja dan waktu penggantian

Perlu anda ketahui bahwa sistem pengereman yang digunakan pada sepeda motor di bedakan menjadi 2. Sistem pengereman yang pertama yaitu menggunakan  rem tombol (drum brake) sedangkan sistem pengereman yang kedua yaitu menggunakan sistem pengereman cakram/piringan  (disc brake). Oleh karena itu, jelas kedua jenis rem pada sepeda motor tersebut memiliki cara kerja yang berbeda pula.

Jadi, anda jangan beranggapan bahwa kedua jenis rem ini sama saja ya, mungkin memang tujuannya sama yaitu memperlambat laju motor, namun dalam urusan cara kerjanya berbeda. Baiklah untuk mempermudah anda mengetahui perbedaannya, berikut adalah sedikit ulasan mengenai rem motor, cara kerja dan waktu penggantian, yaitu:

Rem trombol bekerja secara mekanik dan rem cakram bekerja secara hidrolik sedangkan waktu penggantian ditentukan pada pemakaian

Rem motor, cara kerja dan waktu penggantian bahwa sistem rem trombol memiliki sistem pengoperasian secara mekanik dengan menggunakan kabel baja jadi apabila kabel rem atau batang baja di tarik, lengan rem atau tuas rem memutar cam/nok pada sepatu rem sehingga sepatu rem mengembang dan kanvas rem bergesekan dengan tromol. Akibatnya putaran tromol dapat di tahan, dan ini juga berarti menahan putran roda.

Sedangkan untuk sistem  rem cakram memiliki sistem pengoperasian secara hidrolik dengan menggunakan fluida atau cairan. Cara kerjanya adalah menjepit cakram dengan 2 bilah sepatu rem (brake pads) sehingga putaran roda sepeda motor anda akan berkurang.

Sedangkan penggantian kampas rem, tidak dapat di ukur dari lamanya masa pakai, melainkan seringnya anda menggunakan atau memakaianya. Sehingga, meskipun anda baru mengganti kampas rem dengan yang baru namun jika terlalu sering memakainya juga akan mempengaruhi waktu penggantiannya.

Menggunakan Rem Motor dengan Kasar Akan Memperpendek Usia Rem

Anda pasti pernah yang namanya menggunakan rem motor dengan kasar. Atau mungkin melakukan gas rem gas rem. Stop and go sangat tidak disarankan karena bisa memperpendek usia rem motor yang anda gunakan. Kampas remnya akan lebih cepat aus dan minta diganti sebelum jatah waktu penggantian. Dengan begitu, mau tidak mau anda harus menggantinya dengan yang baru. Daripada beresiko terjadi masalah serius pada motor anda atau pun bahkan diri anda sendiri.

Jangan Remehkan Kondisi Rem Motor

Kondisi Rem Motor yang kurang baik jika dipaksakan digunakan dan tidak segera mendapatkan penanganan, tentu bisa jadi komponen motor lainnya seperti cakram atau pun velg pada motor anda menjadi masalah. Untuk mengetahui kondisi dari rem motor anda tersebut. Sebaiknya anda antisipasi dengan cara melakukan perawatan secara rutin ya. Perawatan rutin cukup efektif digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi fisik sepeda motor anda.

Nah, demikianlah beberapa ulasan mengenai rem motor, cara kerja dan waktu penggantian. Dengan memperhatikannya baik – baik bagaimana cara kerjanya, tentu anda bisa lebih hati – hati saat menggunakannya agar tidak timbul hal – hal yang tidak diinginkan saat berkendara. Kemudian memberikan perhatian khusus kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian pada rem motor anda, tentu akan jauh lebih aman sebelum masalah serius terjadi pada anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *