Poin yang Perlu Diperhatikan Pemotor Sebelum Menyalip

Poin yang Perlu Diperhatikan Pemotor Sebelum Menyalip

Bagi sobat bikers, berkendara di jalan raya mungkin hal yang membutuhkan kewaspadaan dan tingkat kehati-hatian yang tinggi. Pasalnya saat berkendara di jalan raya bukan hanya anda sendiri yang menggunakan jalan tersebut. Mungkin saja ada pengendara lain atau kendaraan lain yang juga melintasi jalur yang sama seperti jalur yang anda lewati.

Hal ini tentunya akan membuat beberapa kemungkinan yang akan terjadi, yang pertama mungkin anda bisa disalip dan yang kedua yaitu anda yang menyalip. Nah, pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas sedikit ulasan mengenai poin yang perlu diperhatikan pemotor sebelum menyalip.

Perlu anda ketahui bahwa menyalip kendaraan lain mungkin menjadi aktivitas yang rutin dilakukan di jalan raya. Namun harus diingat, bahwa 70 persen kecelakaan yang terjadi di jalan raya disebabkan karena kebiasaan menyalip ini lho.

Oleh karena itu anda harus berhati-hati saat hendak menyalip kendaraan di depan anda. Jangan sampai anda asal-asalan dalam menyalip kendaraan di depan anda tanpa berpikir panjang dan melihat situasi dan kondisi di jalan karena hal ini sangatlah berbahaya.

Selain berbahaya bagi keselamatan diri anda sendiri, hal ini juga berisiko membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya. Oleh karena itu, sebelum anda menyalip kendaraan lain, sebaiknya anda mengetahui poin-poin penting yang harus di perhatikan. Berikut adalah poin yang perlu diperhatikan pemotor sebelum menyalip, antara lain:

Menyalip kendaraan lain pada tempatnya

Poin yang perlu diperhatikan pemotor sebelum menyalip, yang pertama yaitu bahwa anda dapat menyalip kendaraan lain di depan anda hanya pada tempatnya saja. Maksudnya adalah jangan sekali-kali anda menyalip kendaraan lain di tempat yang dilarang untuk menyalip kendaraan.

Jadi, anda harus bersabar jika akan menyalip kendaraan lain di depan anda. Biasanya larangan menyalip di tandai dengan adanya garis jalan yang tidak putus atau solid. Jika anda menemui jalan yang memiliki garis yang tidak putus, maka sebaiknya anda jangan menyalip kendaraan lain.

Selain itu, biasanya larangan menyalip juga terdapat di jalur-jalur seperti tanjakan, turunan, depan sekolah, persimpangan, jembatan dan zebra cross.

Memperhatikan filosofi pentingnya menyalip, dibenarkan dan aman

Poin yang perlu diperhatikan pemotor sebelum menyalip, yang kedua yaitu dengan memperhatikan filosofi penting, dibenarkan dan aman. Maksudnya adalah sebelum menyalip anda harus memikirkan apakah penting harus menyalip, setelah itu apakah anda menyalip sesuai aturan yang di benarkan misalnya tidak menyalip pada jalan yang bergaris solid.

Dan terakhir memperhatikan tingkat keamanan saat akan menyalip. Misalnya, jangan menyalip di tikungan yang belum terlihat ujungnya, karena itu sangatlah berbahaya.

Perhatikan Pengendara Lawan Arah

Memperhatikan pengendara yang lawan arah juga sangat disarankan. Anda harus bisa memperhitungkan dengan baik apakah saat anda mendahului kendaraan lain aman atau tidak. Jika anda tidak memperhatikannya dengan baik, bisa saja anda bertabrakan dengan pengendara lawan arah. Kecermatan ini bisa tak boleh dianggap remeh.

Kemudian adanya garis lurus pada jalan raya juga bisa dijadikan sebagai acuan. Namun terkadang banyak pengendara yang tidak mengindahkannya. Jadi anda sebagai pengendara yang lebih paham sebaiknya mengalah saja ya.

Tunggu kondisi lawan arah benar – benar aman untuk anda mendahului. Demi keamanan tidak bisa kompromi dengan alasan apapun. Karena jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, siapa juga yang susah? Anda sendiri bukan?

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai poin yang perlu diperhatikan pemotor sebelum menyalip. Dengan memperhatikan cara menyalip motor yang benar, tentu akan membantu anda untuk tetap aman saat berkendara meskipun anda sedang menempuh jarak yang jauh. Namun jika anda tidak memperhatikan bagaimana proses mendahului yang baik dan benar, tentu resiko terjadi kecelakaan akan sangat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *