Pertimbangan harga lampu aksesoris Mobil Anda Sebelum Ganti!

Harga lampu aksesoris mobil dapat ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari jenis lampu, jenis mobil, model aksesoris lampu, dan material pembuatnya. Tidak semua lampu aksesoris yang dijual di pasaranan memiliki kualitas dan fungsi yang sama baiknya. Lampu mobil sendiri terdapat pada beberapa unit, mulai dari lampu utama depan, lampu kabut, lampu sein, unit utama belakang, hingga lampu baca di dalam mobil. Jika anda memiliki rencana mengganti salah satu atau seluruh unit lampu mobil anda, berikut ini 4 hal yang wajib anda pertimbangkan sebelum mengeluarkan uang anda :

  1. Fungsi Pergantian

Setiap bagian unit lampu mobil memiliki fungsi yang sudah disesuaikan dengan regulasi yang berlaku. Pertimbangan pertama yang harus anda pastikan adalah apa fungsi dari pergantian lampu tersebut, apakah lampu sudah rusak / padam, atau karena nyalanya kurang terang, memberi tampilan baru pada mobil,  atau alasan lainnya. Tentu saja anda tidak ingin fungsi asli dari bagian lampu tertentu justru tidak maksimal setelah anda ubah.

  1. Warna Lampu

Dalam aturan lalulintas telah dijelaskan warna lampu yang boleh dan wajib digunakan pada bagian kendaraan anda. Misalnya headlamp diharuskan berwarna kuning agar tidak mengganggu pandangan pengendara yang melintas dari arah sebaliknya. Lampu rem juga wajib berwarna merah. Lampu kabut tentu harus berwarna putih. Jika anda hendak mengganti bagian-bagian tersebut, maka anda wajib mengikuti aturan tersebut. Warna yang tidak sesuai bisa mendatangkan masalah untuk anda kelak, meskipun harga lampu aksesoris mobil yang anda beli cukup mahal.

  1. Daya Listrik

Penambahan atau pergantian aksesori mobil tentunya juga harus memperhitungkan daya aki mobil anda. Semakin banyak daya  yang dibutuhkan untuk aksesoris mobil anda, tentu saja semakin menguras tenaga listrik di aki serta mengganggu kestabilan kelistrikan pada seluruh komponen elektrik mobil anda. Ada banyak akibat bila anda melakukan penambahan tegangan secara  berlebih, mobil dapat susah dinyalakan, AC tidak dingin, mesin cepat panas, hingga dapat memicu konsleting listrik. Oleh karena itu pastikan anda memperhitungan perubahan tersebut.

  1. Jenis Lampu

Secara umum terdapat 3 jenis lampu yang biasa digunakan untuk mobil. Lampu halogen, biasanya dipilih karena memberikan penerangan yang baik, kuat, namun membutuhkan daya yang cukup besar. Lampu ini memiliki daya tahan mulai dari 500-1000 jam pemakaian dan biasanya digunakan untuk lampu utama dan lampu kabut. Adapula lampu HID atau High Intensity Discharge yang umumnya berbahan gas mulia seperti Xenon dan lebih tahan lama, namun harganya cenderung tinggi. Pilihan terakhir adalah lampu LED atau Light Emitting Diodes yang dikenal tahan lama dan lebih hemat daya. Harga lampu aksesoris mobil ini cukup beragam dan tentu saja harus anda sesuaikan dengan tampilan yang anda harapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *