Perbedaan Sasis Motor Lawas dan Motor Modern

Perbedaan Sasis Motor Lawas dan Motor Modern

Bagi sobat bikers yang tidak hanya gemar mengoleksi motor modern, melainkan juga gemar mengoleksi motor lawas, maka pastinya anda sudah sangat paham hal-hal apa saja yang membedakan kedua motor ini. Salah satunya yaitu komponen sasis motor yang berada di kedua jenis motor ini.

Komponen sasis motor adalah komponen yang secara garis besar berfungsi sebagai pengaman kendaraan, sebagai komponen yang memberi kenyamanan pada kendaraan, serta sebagai pengendali arah jalannya kendaraan.

Maka tak ayal jika setiap kendaraan bermotor pasti memiliki komponen ini. Namun, apakah anda tahu perbedaan sasis motor lawas dan motor modern? Jika belum, maka anda tak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai perbedaan sasis motor lawas dan motor modern.

Perlu anda ketahui bahwa dengan seiring dengan perkembangan zaman, maka akan muncul produk-produk baru yang dinilai mampu bersaing di pasaran. Begitu pula pada motor, saat ini banyak sekali motor yang dikeluarkan oleh pabrikan yang pastinya memiliki jenis komponen-komponen yang berbeda dengan motor zaman dulu.

Tidak terkecuali dengan komponen sasis motor yang telah mengalami perubahan. Apakah anda tahu perbedaan sasis motor lawas dan motor modern? Jika belum, maka anda perlu untuk membaca artikel ini. Karena di dalam artikel kali ini saya akan memberikan jawaban dari pertanyaan tadi. Baiklah untuk mempersingkat waktu, langsung saja berikut adalah sedikit ulasan mengenai perbedaan sasis motor lawas dan motor modern, yaitu:

Sasis motor lawas lebih kuat di bandingkan dengan sasis motor modern

Perbedaan sasis motor lawas dan motor modern yang pertama yaitu bahwa sasis motor lawas lebih kuat dibandingkan dengan sasis motor modern. Hal ini dikarenakan pola pikir dan daya beli masyarakat yang berbeda, jika dulu yang bisa membeli motor hanya orang-orang kaya yang memiliki banyak uang karena saat itu motor harus di beli secara cash, sedangkan sekarang siapa pun dapat memiliki motor jika telah memenuhi syarat tentunya melalui kredit.

Jika butuh uang maka motor bisa saja di jual. Dan membeli motor yang baru lagi. Inilah yang membuat pabrik motor saat ini mengurangi kekuatan material rangka, sasis, bahkan blok mesin untuk tetap menjaga eksistensi, maka perlu dilakukan efisiensi dengan melakukan cara-cara tadi. Hal inilah yang membuat sasis motor modern tidak tahan lama jika dibandingkan sasis motor lawas.

Semakin menurunnya kualitas sasis pada motor modern juga dipicu pada daya beli masyarakat saat ini yang semakin meningkat. Hal ini tentu saja tidak disia – siakan oleh pihak produsen untuk meraup untung besar. Memang benar jika motor modern ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Namun dibalik itu semua, ternyata beberapa komponen yang digunakan mempunyai daya tahan relatif sebentar. Jadi resikonya para pengguna harus menggantinya dan mengeluarkan kocek lebih.

Cara merawat sasis motor modern agar awet

Perawatan rutin bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat terhadap kondisi sasis motor modern yang relatif tidak mampu bertahan lama. Yang rajin melakukan service saja masih mempunyai resiko kerusakan sasis pada jangka waktu tertentu, apalagi yang malas melakukan perawatan.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika anda melakukan pencegahan sejak dini untuk meminimalisir resiko kerusakan pada sasis motor modern yang anda miliki. Tak perlu service yang mengeluarkan biaya mahal, dengan service ringan saja asalkan rutin sudah cukup ampuh.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai perbedaan sasis motor lawas dan motor modern. Dengan mengetahuinya, anda pun menjadi semakin banyak mendapatkan pengetahuan baru. Selain itu jika sewaktu – waktu anda membelinya, maka anda tidak akan mudah ditipu oleh penjual yang nakal karena pengetahuan yang anda miliki tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *