Penyebab Tarikan Awal Motor Matic Bergetar

Penyebab Tarikan Awal Motor Matic Bergetar

Bagi sobat bikers yang gemar atau bahkan telah memiliki motor matic, mungkin anda pernah merasakan getaran yang timbul saat pertama kali (tarikan awal) anda menarik tuas gas motor anda. Sebenarnya masalah ini kerap kali di alami oleh sebagian besar motor matic.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan getaran yang timbul saat tarikan awal motor? Apakah anda tahu penyebabnya? Jika belum, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai penyebab tarikan awal motor matic bergetar.

Kenyamanan ketika berkendara adalah suatu hal yang pasti sangat diinginkan oleh para pengendara motor. Namun, perlu anda ketahui bahwa ada beberapa pengguna motor matic yang merasa terganggu dengan masalah tarikan motornya yang bergetar dimana getaran tersebut dapat merambat atau dirasakan sampai di stang kemudi.

Masalah tersebut biasanya terjadi saat putaran RPM rendah. Nah, apakah motor matic anda memiliki masalah seperti ini? Jika iya, maka anda harus tahu sebenarnya apa sih yang menyebabkan getaran pada motor matic anda. Berikut adalah sedikit informasi atau ulasan mengenai penyebab tarikan awal motor matic bergetar, yaitu:

Kampas kopling ganda (weight set) atau mangkok (clutch housing) sudah tipis atau aus

Penyebab tarikan awal motor matic bergetar yaitu bahwa kampas kopling ganda (weight set) atau mangkok (clutch housing) sudah menipis atau aus. Dan untuk memastikan hal tersebut, maka anda harus memeriksa bagian rumah CVT karena pada bagian ini terdapat beberapa komponen juga seperti fan belt, CVT spring, dan roller CVT.

Karena mungkin saja komponen yang lain mengalami kerusakan, misalnya komponen fan belt motor anda sudah mulai retak-retak maka hal ini juga dapat mengakibatkan timbulnya getaran pada motor matic anda.

Namun, memang pada umunya yang menimbulkan getaran paling sering adalah karena sudah mulai menipisnya kampas kopling ganda atau mangkok (clutch housing). Jika anda ingin menghilangkan getaran pada motor matic anda sehingga kembali normal lagi, maka untuk mengatasi hal ini adalah anda harus membersihkan kampas kopling ganda dan mangkoknya (clutch housing).

Setelah anda melakukan pembersihan pada kampas kopling ganda dan mangkoknya, namun getaran masih saja terasa, maka sebaiknya anda membawa motor anda ke dealer terdekat untuk mengecek apakah ada hal lain yang mengakibatkan timbulnya getaran di tarikan awal motor anda.

Pentingnya Perawatan Rutin untuk Mengetahui Masalah Pada Komponen Motor

Perawatan rutin pada berbagai komponen motor memang sangat diperlukan untuk menjaga peformanya agar tetap baik. Berbagai masalah yang timbul akan segera diketahui dan bisa melakukan pencegahan sedini mungkin sebelum terjadi masalah yang semakin kompleks. Misalnya saja getaran pada motor yang seringkali disepelekan oleh para pengguna motor.

Padahal getaran – getaran yang muncul saat anda sedang berkendara bisa saja menandakan terjadi masalah pada berbagai komponen motor anda. Bayangkan saja jika anda sangat jarang melakukan perawatan, keausan pada kopling beserta mangkuknya, pasti tidak akan anda ketahui meskipun sudah memunculkan tanda – tandanya.

Bagi mereka yang paham terhadap dunia otomotif tentu bisa segera mengatasinya. Tapi bagi anda yang masih awam, tentu bisa membayakan jika terus dibiarkan. Untuk itu tidak ada salahnya anda melakukan perawatan rutin setidaknya 2 bulan sekali ya.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai penyebab tarikan awal motor matic bergetar. Tarikan awal motor yang bisa dijadikan sebagai acuan nyaman dan tidaknya anda saat berkendara, tentu wajib diberikan perhatian. Selain itu masalah yang terjadi pada tarikan motor bisa dijadikan sebagai acuan seberapa baik kualitas motor itu sendiri. Jadi anda sebagai pemilik motor harus benar – benar memberikan perhatian lebih pada motor anda ya. Jika tidak anda, siapa lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *