Penyakit Honda Tiger Seputar Rantai

Penyakit Honda Tiger Seputar Rantai

Bagi sobat bikers yang memiliki motor honda Tiger, mungkin pernah mengalami permasalahan pada rantai motor anda. Memang, semua jenis motor pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan mungkin, jika pada motor honda tiger penyakit yang sering menyerang adalah permasalahan yang tak jauh dari rantai motor itu sendiri.

Nah, apakah anda bikers tahu, penyakit honda tiger seputar rantai ini? Jika belum, maka bagi anda yang memiliki motor tiger dengan permasalahan seperti ini tak perlu khawatir dan cemas. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai penyakit honda tiger seputar rantai.

Honda tiger 2000 adalah salah satu jenis motor sport yang dapat dikatakan menjadi legenda di Indonesia. Di awal kemunculannya pada tahun 1994, motor yang satu ini “melambung tinggi” kebanyakan bikers menilai bahwa honda tiger dapat meningkatkan kesan macho bagi para penunggangnya. Namun, sayang motor jenis ini memiliki beberapa penyakit yang sukses membuat para penggemarnya kecewa.

Sebenarnya ada tiga penyakit yang sering menyerang motor jenis ini, yaitu onderdil yang harganya sangat mahal, tangki bensin yang sangat mudah sekali bocor, hingga penyakit yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu gear set yang sangat berisik. Untuk lebih jelasnya, baiklah langsung saja berikut adalah sedikit ulasan mengenai penyakit honda tiger seputar rantai, yaitu:

Rantai keteng honda tiger yang sering kendor sehingga menimbulkan suara berisik

Penyakit honda tiger seputar rantai, yaitu rantai keteng honda tiger yang sering kendor sehingga menimbulkan suara berisik. Sebenarnya penyakit ini sangat wajar di alami oleh jenis motor yang memiliki torsi atau tenaga yang besar. Hal ini bisa disebabkan oleh tonjokan keteng atau rantai keteng itu sendiri yang sudah lemah.

Dan untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mengganti rantai keteng dan juga tonjokan keteng atau tensionernya dengan yang baru. Namun, untuk tonjokan keteng anda jangan menggunakan yang standar, dianjurkan menggunakan tonjokan keteng racing atau versi aftermarketnya saja.

Hal ini karena tonjokan keteng versi racing atau aftermarketnya memiliki tekanan untuk menonjok lidah keteng lebih kuat. Karena modelnya tidak menggunakan perdana lagi melainkan bermodel gerigi sehingga tonjokannya pun keras dan tidak bisa di stel lagi (Defaultnya sudah keras). Jika anda memiliki motor honda tiger yang memiliki masalah ini, maka anda dapat mencoba trik ini.

Kurangnya Perawatan, Ternyata Juga Bisa Menjadi Pemicu Masalah Pada Rantai Tiger

Bagian rantai pada motor memang komponen yang paling rentan terjadi masalah. Sebaiknya jika anda tidak ingin hal tersebut terjadi, tidak ada salahnya jika anda rajin melakukan perawatan dan memaksimalkannya dengan menjaga kebersihan rantai motor tiger.

Terlebih lagi saat musim hujan tiba, masalah pada rantai motor memang seringkali terjadi karena banyak kotoran yang menempel akibat cipratan air saat dalam perjalanan. Jadi anda harus menambah frekuensi proses membersihkannya. Jika perlu seusai digunakan langsung bisa dibersihkan. Jangan lupa untuk memberikannya pelumas secara berkala jika kondisi rantai memang sudah benar – benar kering. Pahami juga durasi waktu pemakaian rantai untuk menjaga peformanya agar tetap baik.

Dengan melakukan perawatan rutin, anda akan tahu seberapa baik kondisi rantai pada motor tiger anda tersebut. Jika perlu dilakukan penanganan lebih lanjut, maka anda sudah akan tahu terlebih dahulu sebelum terjadi masalah serius.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai penyakit honda tiger seputar rantai. Sebenarnya secara umum permasalahan yang timbul pada rantai sepeda motor sama, jadi tak ada salahnya jika anda mempelajari masalah pada rantai tiger. Dengan begitu wawasan anda akan menjadi semakin bertambah. Menimba ilmu sebanyak – banyaknya tentu akan bermanfaat bagi diri anda sendiri dan bagi orang lain jika anda juga membagikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *