Manfaat Kompresor Udara Untuk Perawatan Motor

Manfaat Kompresor Udara Untuk Perawatan Motor

Bagi sobat bikers yang sangat menyukai dunia otomotif, pastinya tidak asing lagi dengan salah satu perangkat yang biasanya digunakan untuk mengisi ban motor atau mobil anda. Ya, perangkat atau alat yang saya maksud adalah kompresor udara.

Apakah anda tahu bahwa kompresor udara juga dapat digunakan untuk perawatan motor? Jika anda bikers belum tahu, maka anda bikers tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan atau informasi mengenai manfaat kompresor udara untuk perawatan motor.

Kompresor udara  atau air compressor adalah perangkat yang mengubah listrik (biasanya dari motor listrik, mesin diesel, atau mesin bensin) menjadi energi kinetik dengan mengompresi dan menekan udara. Kompresor udara biasanya menggunakan motor listrik, mesin diesel, atau mesin bensin sebagai tenaga penggeraknya.

Kompresor udara memiliki beberapa jenis. Jika berdasarkan sistem penggeraknya, maka kompresor udara di bedakan menjadi dua, yaitu direct driven dan belt driven. Sedangkan jika berdasarkan sistem pelumasannya, maka kompresor udara di bedakan menjadi dua pula, yaitu compressor pilih less, dan lubricated compressor.

Perlu anda ketahui, bahwa kompresor udara tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengisi tekanan ban motor atau mobil saja, melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan motor.

Apakah anda tahu bagaimana cara menggunakan kompresor udara untuk merawat motor? Jika anda belum tahu, maka anda perlu membaca artikel ini sampai selesai. Baiklah berikut adalah sedikit ulasan mengenai manfaat kompresor udara untuk perawatan motor, antara lain:

Penggerak hidrolik dalam usaha pencucian motor dan mobil

Manfaat kompresor udara untuk perawatan motor, yang pertama adalah sebagai penggerak hidrolik dalam usaha pencucian motor dan juga mobil. Hal ini karena sistem hidrolik menggunakan tenaga angin yang tentu saja memudahkan dalam proses pembersihan bagian bawah motor anda.

Oleh karena itu, kompresor sangat diperlukan untuk menjalankan sistem hidrolik agar kinerjanya dapat maksimal dalam mengangkat motor yang akan di cuci. Bagian bawah motor yang tidak diperhatikan kebersihannya, dalam waktu tertentu bukan hal yang tidak mungkin jika terjadi masalah atau bahkan kerusakan fatal karena kotoran yang sudah menumpuk dan berkerak.

Menghasilkan busa snow wash dalam usaha pencucian motor dan mobil

Manfaat kompresor udara untuk perawatan motor yang kedua yaitu, membantu mesin snow wash untuk menghasilkan busa snow wash atau salju untuk mencuci motor atau mobil agar tampilan mobil atau motor menjadi lebih bersih lagi.

Hal ini karena mesin snow wash sangat membutuhkan kompresor udara sebagai sumber tenaga utamanya, karena kompresor menghasilkan tekanan udara yang sangat kuat. Dengan begitu kebersihan motor akan menjadi semakin maksimal.

Membantu pengeringan sela-sela motor yang sulit terjangkau

Manfaat kompresor udara untuk perawatan motor yang ketiga yaitu membantu anda dalam mengeringkan permukaan pada motor atau mobil yang sulit di jangkau setelah mencucinya. Pastinya hal ini sangat efektif, karena angin yang dihasilkan kompresor akan mempercepat pengeringan permukaan yang basah akibat habis di cuci.

Selain itu dengan mengeringkan motor secara maksimal, maka debu – debu yang beterbangan dimana – mana menjadi tidak mudah menempel kembali karena kondisi motor kering. Berbeda jika motor anda masih dalam keadaan setengah basah saat selesai dicuci, debu menjadi mudah menempel karena memang kondisinya yang basah tersebut. Jadi sekarang anda menjadi lebih paham bukan, ternyata par pencuci motor menggunakan kompresor saat selesai mencuci adalah untuk membantu mempercepat proses pengeringan.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai manfaat kompresor udara untuk perawatan motor. Dengan memahami berbagai barang yang bisa dimanfaatkan untuk proses perawatan motor, tentu akan membantu anda dalam menghemat biaya perbaikan karena bisa mencegah kerusakan pada motor sejak. Salah satunya dengan memanfaatkan kompresor yang mungkin saja belum banyak orang yang mengetahuinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *