Langkah Melakukan Bore Up yang Baik dan Benar

Langkah Melakukan Bore Up yang Baik dan Benar

Bagi sobat bikers yang ingin meningkatkan performa mesin agar lebih bertenaga, maka melakukan bore up adalah salah satu solusi yang dapat anda lakukan. Dengan melakukan bore up, maka kapasitas mesin di motor akibat akan bertambah, sehingga dapat menampung bahan bakar yang lebih banyak dan akhirnya dapat meningkatkan tenaga motor anda.

Namun, apakah anda sudah tahu langkah yang baik dan benar dalam melakukan bore up? Jika belum, maka anda tak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai langkah melakukan bore up yang baik dan benar.

Banyak sekali orang yang melakukan gubahan (modifikasi) pada sektor mesin motornya dengan harapan terjadi peningkatan performa motor, seperti bore up pada silinder untuk memperbesar kapasitas motor. Apakah anda tahu apa itu teknik bore up?

Bore up sudah menjadi hal yang biasa bagi mereka yang melakukan modifikasi korter pada blok silinder dimana memang harus dilakukan aktivitas pelebaran pada bagian diameter silinder, gunanya adalah untuk memperbesar kapasitas mesin itu sendiri. Mengapa harus memperbesar kapasitas mesin? Ini merupakan pertanyaan yang memang harus anda ketahui penjelasannya sebagai orang awam.

Karena dengan bertambahnya kapasitas mesin, semakin banyak juga jumlah bahan bakar yang dapat di tampung oleh mesin untuk digunakan dalam proses pembakaran sehingga power yang akan dihasilkan oleh motor pun akan semakin besar. Dengan begitu saat anda melakukan perjalanan jauh, tak perlu khawatir kehabisan bahan bakar atau bolak – balik harus mengisi bahan bakar karena tangkinya kecil.

Namun, apakah anda sudah tahu bagaimana langkah yang baik dan benar dalam melakukan bore up. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai langkah melakukan bore up yang baik dan benar, yaitu:

Perhatikan dimensi blok mesin terlebih dahulu

Langkah melakukan bore up yang baik dan benar yang pertama yaitu dengan memperhatikan dimensi blok mesin terlebih dahulu. Jangan sampai anda mengaplikasikan piston yang memiliki ukuran super besar dengan melakukan bore up ekstrem. Mengapa demikian? Karena jika anda melakukan bore up secara berlebihan (ekstrem) malah akan berisiko menyebabkan blok mesin menjadi rusak parah, bahkan bisa sampai pecah lo.

Oleh karena itu, anda harus tahu ukuran toleransi maksimal dalam melakukan  bore up adalah antara naik 0,5 mm sampai 3 mm. Jangan sampai anda serampangan atau pun sembarangan jika memang tidak memahami dengan baik. Kerusakan yang ditimbulkan karena ulah sembarangan, akan merugikan anda karena harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk proses perbaikannya. Lebih baik mempercayakannya kepada ahlinya ketimbang harus coba – coba.

Memperhatikan ketebalan dinding liner

Langkah melakukan bore up yang baik dan benar yang kedua yaitu memperhatikan ketebalan dinding liner (boring). Hal ini karena liner akan bersinggungan langsung dengan piston saat mesin menyala. Jika liner terlalu tipis, tentunya akan cenderung mudah aus ketika pergesekan terus menerus dengan piston oversize. Oleh karena itu, anda harus benar-benar memperhatikan ketebalan dinding liner.

Bore up harus dilakukan oleh profesional

Langkah melakukan bore up yang baik dan benar yang ketiga yaitu anda harus menyerahkan proses bore up pada orang yang telah profesional dalam urusan yang satu ini. Kualitas kehalusan hasil akhir pada dinding bagian dalam liner hasil bore up sebisa mungkin menyerupai kualitas dinding  liner standart pabrikan yang mulus, agar gerakan piston dalam setiap langkah (stroke) lancar.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai langkah melakukan bore up yang baik dan benar. Dengan mengetahui proses dan dampak yang akan ditimbulkan melakukan bore up, maka anda bisa lebih hati hati dan tidak sembarangan melakukan bore up. Bore up sendiri tentu saja bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *