Komponen Yang Harus Diganti Agar Motor Matic Irit dan Tarikan Oke

Komponen Yang Harus Diganti Agar Motor Matic Irit dan Tarikan Oke

Bagi sobat bikers yang memiliki motor matic, pastinya anda ingin memiliki motor matic yang irit dan tarikannya oke. Pasalnya, kebanyakan motor matic memiliki masalah yang menjadi kelemahan utamanya.

Kelemahan tersebut adalah bahan bakar yang boros dan mesin motor yang tidak terlalu menghasilkan tenaga yang cukup besar, sehingga kesulitan saat diajak berlari kencang. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar membuat motor matic anda menjadi lebih irit dan tarikannya oke.

Yaitu dengan mengganti beberapa komponen pada motor anda. Namun, apa saja komponen yang harus di ganti? Jika anda belum tahu, maka tak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai komponen yang harus diganti agar motor matic irit dan tarikan oke.

Perlu anda ketahui bahwa saat ini motor matic telah menjadi primadona di kalangan masyarakat.  Hal ini karena motor matic lebih mudah di kendarai di bandingkan dengan motor bebek lainnya. Selain itu, kondisi jalanan yang sering macet juga mempengaruhi banyaknya motor jenis ini. Karena dalam situasi seperti ini banyak para bikers yang beralih dari motor bertransmisi manual, seperti motor bebek dan sport ke transmisi otomatis yang banyak di jumpai pada motor matic.

Namun, di samping keunggulan-keunggulan tersebut, nyatanya motor matic memiliki kelemahan. Yaitu konsumsi bahan bakar yang boros hingga tarikan motor yang tidak bertenaga. Jika kondisi motor matic anda seperti itu, maka anda tidak perlu khawatir. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai komponen yang harus diganti agar motor matic irit dan tarikan oke, yaitu:

Agar lebih irit, maka anda harus rajin membersihkan karburator, mengganti oli dan menggunakan bahan bakar oktan tinggi

Komponen yang harus diganti agar motor matic irit, yaitu yang pertama anda harus rajin membersihkan karburator, minimal anda bisa membersihkannya satu bulan sekali. Jika karburator kotor akan menyebabkan penyuplaian bahan bakar tidak normal.

Jika sudah begitu, maka konsumsi bahan bakar berlebihan tidak bisa dihindari. Untuk melakukan pencegahan sedini mungkin dirasa sangat membawa dampak positif kedepannya. Pemborosan pun ternyata bisa ditekan hanya dengan menjaga kebersihan dan rutin melakukan perawatan secara berkala.

Selain itu anda juga harus mengganti oli secara berkala dengan jarak tempuh kurang dari 3000 km. Dan jangan lupa menggunakan bahan bakar oktan tinggi, seperti pertamax maupun shell super. Pengendara dianjurkan tidak menghentak gas, putarlah gas seperlunya dan kurangi pengereman. Kebiasaan buruk tersebut, seringkali menciptakan aktivitas motor seperti yang dilakukan tersebut karena sudah rutin dilakukan.

Agar tarikan oke, maka anda harus mengganti roller, fanbelt, koil, dan CDI

Komponen yang harus diganti agar tarikan motor matic oke, yaitu yang pertama anda dapat mengganti roller bagian dalam CVT. Karena dengan mengganti roller akan membuat motor matic anda menjadi lebih bertenaga.

Selain itu, anda bisa mengganti fanbelt dengan ukuran yang lebih tebal dan keras agar tarikan lebih responsif. Komponen lain yang harus di ganti adalah koil agar lebih maksimal dalam memercikkan bunga api dan gunakan CDI yang dapat mendongkrak performa motor matic anda.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai komponen yang harus diganti agar motor matic irit dan tarikan oke. Dengan memahaminya dengan baik, maka anda akan mudah mengenali dan mengidentifikasi setiap masalah yang mungkin saja timbul secara tiba – tiba.

Anda tak lagi kebingungan karena memang benar – benar sudah mengetahuinya. Tak ada ruginya anda mengetahui informasi seputar komponen motor. Selain bisa bermanfaat bagi diri anda sendiri, bagi sebagian orang juga bisa mendatangkan rejeki. Motor dengan tarikan oke dan konsumsi bahan bakar irit memang menjadi dambaan setiap pengendara motor pada umumnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *