komponen sasis motor

Komponen Sasis Motor dan Penjelasannya

Bagi anda bikers, pastinya tahu bahwa komponen sasis pada motor secara umum memiliki fungsi sebagai pengaman kendaraan, menambah kenyamanan pengendara, dan untuk mengendalikan arah jalannya kendaraan. Oleh karena itu, anda harus selalu merawat komponen sasis pada motor agar dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Namun, apakah anda tahu apa saja komponen-komponen sasis pada motor? Jika belum maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai komponen sasis motor dan penjelasannya.

Jika menimbang dari fungsi komponen sasis motor secara garis besarnya, maka anda sangat perlu untuk memperhatikan perawatan bagi setiap komponen sasis pada motor anda. Hal ini karena komponen sasis pada motor sangat berpengaruh pada keamanan, kenyamanan serta pengendalian atau kontrol pada motor anda.

Namun, sebelum anda melakukan perawatan, maka anda harus terlebih dahulu mengetahui komponen-komponen sasis pada motor anda itu sendiri. Nah, bagi anda yang masih bingung atau belum terlalu paham mengenai komponen sasis motor. Maka anda  perlu untuk membaca artikel ini. Baiklah langsung saja berikut adalah sedikit ulasan mengenai komponen sasis motor dan penjelasannya, antara lain:

Sistem Rem

Komponen sasis motor yang pertama yaitu sistem pengereman pada motor. Sistem pengereman yang ada pada sepeda motor memiliki beberapa fungsi. Selain berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan anda, rem cakram pada motor juga dapat mempermudah anda untuk menghentikan motor dan memarkirnya pada tempat yang memiliki permukaan yang tidak rata, seperti pada tanjakan atau turunan.

Bagian vital satu ini sangat rentan mengalami masalah jika anda tak memperhatikan proses perawatannya. Jangan sampai rem yang sebenarnya bisa memberikan rasa aman, justru sebaliknya menimbulkan mala petaka karena tidak berfungsi dengan baik.

Sistem Suspensi

Komponen sasis motor yang kedua yaitu sistem suspensi atau shockbreker pada motor. Sistem yang satu ini berfungsi meredam segala guncangan yang diakibatkan oleh jalanan yang tidak rata atau berlubang saat anda mengendarai motor anda.

Sehingga apabila sistem ini dalam keadaan yang baik, maka akan membuat anda merasa sangat nyaman ketika berkendara. Namun sebaliknya, jika sistem suspensi dalam kondisi kurang baik, guncangan – guncangan saat dalam perjalanan akan sangat terasa dan tidak jarang membuat badan terasa remuk setelah berkendara. Di dalam sistem suspensi biasanya memiliki beberapa komponen lain seperti, pegas, shock absorber, stabilizerbar dan strut bar.

Sistem kemudi

Komponen sasis motor yang ketiga yaitu sistem kemudi. Seperti namanya maka sistem kemudi berfungsi sebagai peraturan arah (kemudi) jalannya kendaraan agar kendaraan dapat berjalan sesuai keinginan anda. Cara kerja komponen kemudi adalah membelokkan roda depan ke arah kanan atau kiri dengan mempergunakan tenaga yang berasal dari tangan melalui batang kemudi (stang) yang di teruskan ke garpu depan.

Jika anda mampu mengendalikannya dengan baik, kenyamanan dalam berkendara bisa anda dapatkan selama perjalanan. Namun sebaliknya jika anda belum lihai dalam melakukan pengaturan sistem kemudi, tentu bisa membahayakan diri anda sendiri dan juga orang lain.

Roda dan Ban

Komponen sasis motor yang keempat yaitu roda dan ban. Roda pada motor biasanya terdiri dari velg yang dilapisi ban yang dapat di isi oleh angin. Velg roda merupakan bagian yang memiliki fungsi sebagai tempat dudukan ban yang langsung terhubung dengan putaran poros axle atau steering knuckle. Berdasarkan bahan pembuatnya, velg dapat di bedakan menjadi 2, yaitu velg paduan logam, dan velg aluminium alloy.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai komponen sasis motor dan penjelasannya. Saya yakin dengan anda memahaminya baik – baik, jika sewaktu – waktu terjadi masalah dalam kondisi darurat, anda menjadi paham apa yang sebenarnya menjadi salah satu penyebab dan mampu memprediksi solusi terbaik yang bisa dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *