Ingin Buka Usaha Jual Onderdil Motor Bekas? Cermati 4 Hal Penting Ini!

Bisnis jual onderdil motor bekas saat ini sudah berkembang jadi peluang usaha yang menguntungkan dan menjanjikan. Hal ini tak lepas dari kebutuhan masyarakat akan sparepart motor dengan harga yang jauh lebih terjangkau, namun tanpa harus beli spare part KW atau tiruan.

Jika Anda termasuk salah satu dari mereka yang tertarik mengawali usaha jual onderdil motor bekas, simak 4 hal penting berikut ini terlebih dahulu, yuk!

Besar Modal Awal

Pastinya, modal harus jadi salah satu pertimbangan penting sebelum Anda mengawali bisnis apapun, termasuk usaha jual-beli sparepart motor bekas ini. Walaupun harga bahan baku untuk onderdil bekas memang lebih murah dibandingkan onderdil baru, Anda tetap harus memperhitungkannya. Tentukan berapa besar modal yang sanggup Anda gelontorkan, lalu buat perencanaan lengkap dengan anggarannya agar modal yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara optimal, apalagi jika Anda memiliki dana terbatas untuk modal awal usaha jual-beli onderdil motor bekas/

Tempat Usaha

Apakah Anda akan membuka toko fisik (offline)? Kalau iya, tentu Anda perlu perhatikan lokasi usahanya. Selain itu, ada faktor harga sewa toko yang juga harus Anda pertimbangkan, yang pastinya juga perlu diperhitungkan dalam anggaran penggunaan modal awal usaha. Kalaupun Anda akan memanfaatkan ruang kosong di rumah sekalipun, ada biaya peralatan seperti etalase dan lemari yang juga harus dihitung dalam anggaran. Anda pun bisa memilih berjualan secara online, yang jauh lebih terjangkau karena biaya terkait tempat usaha bisa ditekan seminimal mungkin. Karena itu, Anda yang punya modal terbatas bisa mempertimbangkan opsi berjualan secara online.

Karyawan

Faktor yang satu ini tak perlu Anda perhitungkan jika Anda berniat untuk mendedikasikan waktu Anda sepenuhnya untuk bisnis onderdil motor bekas Anda. Akan tetapi, jika Anda beranggapan bahwa Anda membutuhkan karyawan, pastinya jangan lupa untuk memperhitungkan biaya gaji karyawan ke dalam anggaran Anda, ya.

Di samping itu, saat akan merekrut karyawan, cermati pilihan dan buat keputusan dengan matang. Anda akan membutuhkan karyawan yang bukan hanya punya riwayat pekerjaan mentereng, tapi juga karyawan yang mau bekerja keras, terampil, punya pengetahuan memadai soal spare part motor, dan ramah saat melayani pelanggan. Sebab, karyawan yang tepat akan sangat menentukan kemajuan usaha Anda.

Limbah Onderdil

Dalam bisnis jual-beli sparepart, rupanya ada barang sisa alias limbah yang dihasilkan. Meski demikian, Anda tak perlu cemas karena limbah onderdil yang ditinggalkan rupanya bisa menjadi tambahan penghasilan untuk usaha utama Anda. Sebab, limbah-limbah tersebut rupanya diminati oleh para pencari mesin rongsokan maupun pengepul.

Nah, itulah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum memulai usaha jual onderdil motor bekas. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *