Hal Yang Bakal Muncul Jika Pasang Ban Tidak Sesuai Dengan Arah Rotasi

Hal Yang Bakal Muncul Jika Pasang Ban Tidak Sesuai Dengan Arah Rotasi

Bagi sobat bikers yang gemar mengutak-atik komponen-komponen pada motor anda, pastinya pernah dong memasang ban motor? Jika pernah, apakah anda tahu bahwa sebenarnya pabrik telah membuat sebuah tanda seperti anak panah pada ban? Ya, tanda tersebut menandakan arah rotasi putaran ban saat di pasang atau digunakan untuk berkendara.

Namun, apakah hal ini memiliki efek jika anda memasang ban motor tidak sesuai arah rotasi yang telah dibuat pabrik? Jika anda belum tahu jawabannya, maka anda tak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai hal yang bakal muncul jika pasang ban tidak sesuai dengan arah rotasi.

Anda pasti pernah dengar kalau memasang ban itu harus sesuai dengan  arah rotasinya. Bahkan untuk mempermudah konsumen pabrik telah memberikan sebuah tanda yang menunjukkan arah rotasi ban. Anda hanya tinggal memeriksanya pada bagian dinding ban. Jika anda melihat tanda seperti anak panah, maka itulah yang di maksud dengan arah rotasi ban.

Namun, masih banyak yang tidak tahu apa efeknya jika menggunakan ban dengan arah rotasi yang tidak sesuai saat di pasang. Jika anda tidak tahu, maka anda sangat dianjurkan untuk membaca artikel ini. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai hal yang bakal muncul jika pasang ban tidak sesuai dengan arah rotasi, antara lain:

Risiko terjadi aquaplaning lebih besar

Hal yang bakal muncul jika pasang ban tidak sesuai dengan arah rotasi, yang pertama adalah membuat risiko terjadinya aquaplaning lebih besar. Aquaplaning adalah kondisi dimana ban kehilangan traksi dengan permukaan jalan saat melintasi jalan yang tergenang air.

Saat rotasi ban di pasang terbalik maka otomatis pattern atau pola pengembangan ban juga akan terbalik. Hal ini menyebabkan pemecahan air menjadi tidak maksimal saat digunakan melintasi jalan yang basah. Jika terus dibiarkan dan anda tidak segera menyadarinya, tentu bisa saja kejadian – kejadian buruk yang tidak diinginkan mengintai anda kapan saja.

Jika anda merasa aneh terhadap fungsi pada ban motor anda, sebaiknya segera perisakan kepada bengkel resmi saat anda melakukan service rutin. Dari situ beragam informasi bisa anda dapatkan secara lengkap. Minta penjelasan kepada mekaniknya apa posisi ban yang terpasang sudah memenuhi standar atau tidak. Dengan begitu, maka anda bisa bernafas lega.

Kurang lincah dalam kondisi kering, menimbulkan suara berisik dan ban menjadi lebih cepat aus

Hal yang bakal muncul jika pasang ban tidak sesuai dengan arah rotasi yang kedua yaitu membuat motor anda menjadi terasa kurang lincah saat berkendara di jalan yang kering. Sehingga anda jangan heran bila saat melakukan manuver motor anda menjadi terasa berbeda jika rotasi ban di pasang terbalik.

Suara berisik pun akan muncul jika anda salah memasang ban yang tidak sesuai dengan arah rotasi. Selain itu, hal ini juga akan membuat ban motor anda menjadi lebih cepat mengalami keausan.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai hal yang bakal muncul jika pasang ban tidak sesuai dengan arah rotasi. Sebagai orang yang awam, tentu anda akan mendapatkan pembelajaran dari penjelasan yang sudah saya berikan di atas. Untuk menghindari kerusakan pada velg, ban atau bahkan komponen motor lainnya, sebaiknya anda serahkan pada ahlinya saat hendak mengganti ban.

Jangan sembarangan memberikan kepercayaan kepada layanan jasa abal – abal yang banyak dijajakan di sepanjang jalan. Karena tenaga yang mengerjakan belum tentu mempunyai cukup pengalaman. Terkadang justru malah ada yang memang coba – coba untuk mendapatkan pengetahuan baru. Yang seperti ini tentu akan merugikan anda sebagai konsumen. Jika sudah ada yang lebih terpercaya, mengapa harus memilih yang tidak jelas? Bijak menjadi konsumen memang menjadi kewajiban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *