Hal-hal yang Perlu Dicermati Saat Membeli Kendaraan di Pasar Mobil Bekas

Membeli kendaraan di pasar mobil bekas kerap dipilih sebagai opsi alternatif beberapa orang yang tak bisa beli versi baru. Meski statusnya secondhand, mobil-mobil yang berada di tempat ini masih layak untuk dikendarai. Anda mungkin harus memperbaiki komponen-komponen yang sudah tidak berfungsi baik atau melengkapinya dengan aksesori yang pantas.

Mengapa orang-orang memilih mobil bekas?
Keberadaan pasar mobil bekas Jakarta menjadi bukti kuat bahwa reputasi kendaraan secondhand tak selamanya buruk. Alasan-alasan yang melatarbelakangi seseorang memilih mobil bekas pun beragam, antara lain:

  • Bujet terbatas. Seperti yang sudah disinggung di bagian pembuka, ketersediaan dana adalah faktor utama yang membuat sejumlah pembeli menjatuhkan pilihan pada mobil bekas. Mereka kadang sengaja menunggu mobil incarannya masuk pasar bekas untuk menekan pengeluaran;
  • Kemudahan modifikasi. Mengutak-atik mobil baru sebenarnya agak riskan dan buang-buang uang mengingat kondisinya masih mulus. Lain cerita dengan mobil secondhand yang bisa Anda modifikasi sesuka hati tanpa mengabaikan segi keamanan;
  • Kredit lebih mudah. Selain harga mobil bekas yang murah, kemudahan dalam proses kredit menjadi salah satu pertimbangan orang-orang memilih kendaraan secondhand. Hal tersebut dibuktikan juga oleh kemunculan startup yang menyediakan layanan bayar cicilan yang terjangkau;
  • Terlanjur nyaman. Segelintir orang yang sudah lama menggunakan mobil jenis tertentu akan kesulitan beradaptasi dengan yang baru. Maka mereka memilih mobil bekas untuk mengganti yang sudah tak terpakai agar lebih cepat terbiasa.

Memilih kendaraan terbaik di pasar mobil bekas
Pasar mobil bekas terpercaya akan selalu memastikan setiap kendaraan yang dipamerkan masih dapat dikemudikan secara optimal. Di sisi lain sebagai pembeli, Anda perlu cermat juga dalam memilih mobil secondhand. Berikut sejumlah tip yang bisa Anda jadikan pegangan saat mengunjungi pasar bekas.

  • Catatan servis masih lengkap

Kelengkapan yang satu ini acap kali dilupakan saat calon pembeli memilih mobil bekas. Padahal dari catatan servis, Anda dapat menilai serutin apa pemilik sebelumnya memeriksakan kendaraan. Termasuk di antaranya item-item yang dibeli dari toko online aksesoris mobil yang terpasang.

Service record atau catatan servis yang baik menandakan bahwa mobil yang Anda pilih masih prima. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kepribadian dari pemilik sebelumnya. Memilah kendaraan bekas di dealer resmi akan meningkatkan peluang mendapatkan mobil dengan catatan servis lengkap.

  • Harga terjangkau, tetapi bersaing

Tidak sedikit calon pembeli yang lebih fokus mencari perintilan seperti aksesoris lampu mobil Avanza saat menilai kendaraan secondhand. Malah ada yang mudah jatuh hati pada mobil yang dipatok dengan harga miring demi mendapatkan aksesori yang sudah dipaketkan.

Ya, fakta bahwa harga mobil bekas lebih terjangkau memang benar. Namun, Anda juga harus berhati-hati apabila harga yang ditawarkan sangat miring. Ada kemungkinan beberapa kendaraan yang dijual di pasar mobil bekas tersebut sudah rusak atau malah barang tadahan hasil curian.

  • Memeriksa interior dan aksesori mobil

Bagian dalam atau interior mobil adalah salah satu hal utama yang wajib Anda periksa. Komponen-komponen yang perlu Anda amati baik-baik mencakup AC, sistem audio, dasbor, sabuk pengaman, serta switch lampu. Pastikan juga fitur-fitur lainnya masih berfungsi normal.

Aksesori dari pengguna sebelumnya masih tersedia? Pelengkap seperti air purifier, GPS holder, atau jumper cable mungkin bisa Anda pertahankan. Aksesori yang lebih sederhana seperti variasi stiker mobil Innova mungkin bisa dibiarkan atau lepaskan tergantung kebutuhan Anda.

  • Mengamati eksterior mobil

Sudah selesai mengamati interior kendaraan? Sekarang lanjutkan ke bagian luar atau eksteriornya. Komponen seperti pintu, jendela, dan kap mesin perlu diketahui keasliannya. Cat yang terpulas pada bodi mobil juga tak boleh luput dari perhatian supaya bisa diperbaiki bila ada bagian yang mengelupas.

Sepenting variasi interior mobil Avanza, rangka atau struktur utama yang menyusun bodi mobil juga perlu diperiksa. Komponen tersebut harus dalam keadaan prima. Kalaupun pernah tertabrak atau diservis, ada baiknya bila struktur sudah direparasi seperti semula.

  • Pastikan kondisi mesin masih bagus

Mesin tentunya punya peran penting untuk jenis kendaraan apa pun, termasuk mobil. Maka saat Anda mengunjungi pasar mobil bekas, lakukan pemeriksaan terhadap mesinnya. Mobil bekal yang masih mudah dinyalakan dan mengeluarkan hasil halus adalah salah dua tanda mesin yang berfungsi baik.

Mintalah test drive apabila memungkinkan untuk meyakinkan kekuatan mesin pada mobil bekas yang Anda pilih. Dengan begitu, Anda juga bisa mengetahui performa komponen penting lain seperti rem, kaki mobil, hingga transmisi selama berkendara.

  • Kelengkapan dokumen kendaraan

Sudah yakin dengan pilihan Anda? Sekarang lanjutkan tahapnya ke pemeriksaan dokumen. Berkas-berkas yang wajib tersedia mencakup STNK, BPKB, serta faktur. Jika kendaraan yang dibeli adalah built-up, pastikan penjual mempunyai Form A. Sesuaikan pula nomor angkanya dengan mesin mobil.

Dari sini, Anda bisa lebih mudah mencari aksesori maupun pernak pernik mobil Avanza. Kelengkapan dokumen kendaraan membuktikan bahwa baik pemilik maupun pengelola pasar bertanggung jawab atas kendaraan yang mereka urus.

  • Mengajak teman atau mekanik ahli

Anda kurang memahami seluk-beluk mesin? Atau tidak tahu jenis kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan? Ada baiknya Anda membawa teman yang benar-benar menguasai perihal mobil maupun mekanik ahli yang memungkinkan ke pasar.

Beberapa calon pembeli bahkan menyewa jasa inspeksi mobil bekas untuk menilai variasi All New Avanza yang mereka jumpai di dealer atau showroom. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jenis kendaraan bekas yang masih bagus dari segi komponen maupun kelengkapan berkasnya.

Tip tambahan saat membeli mobil bekas
Bertransaksi di pasar mobil bekas sesungguhnya tak berbeda jauh saat Anda pergi ke showroom atau dealer resmi. Maka dari itu, saat hendak melakukan pembayaran, tak ada salahnya Anda memeriksa lagi setiap dokumen yang harus dilengkapi. Cermati kesepakatan yang diambil bersama pengelola pasar, lalu hitung bujet yang telah disiapkan untuk membeli satu unit mobil bekas.

Kemudian, jangan buru-buru menjatuhkan pilihan. Ada baiknya Anda meminta beberapa rekomendasi pada pengelola pasar untuk mendapatkan gambaran. Selain itu, bandingkan juga harga variasi mobil Xenia yang tersedia beserta spesifikasinya. Tidak menutup kemungkinan Anda mendapatkan kendaraan yang sesuai kebutuhan tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.

Kemudian, perhatikan garansi dan perawatan. Namun kalau garansi tak ada, lakukan servis berkala ke bengkel sekaligus mencari daftar harga aksesoris mobil Terios yang dibutuhkan. Apalagi mobil secondhand mempunyai daya tahan lebih lemah dan rentan kalau dibandingkan dengan tipe teranyar.

Komponen mobil seperti mesin, radiator, dan kaki-kaki perlu Anda periksakan secara berkala. Sementara kendaraan-kendaraan yang keluar pada 2005-an ke bawah perlu menggunakan bensin beroktan 88 untuk menjaga performa mesin.

Bagaimana, sudah siap melakukan pencarian kendaraan secondhand? Pastikan profil pasar mobil bekas yang hendak Anda kunjungi memang profesional dan memberikan layanan yang maksimal.

Image source: tribunnews.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *