Cara Perbesar Pengapian Pakai Relay Pada Motor

Cara Perbesar Pengapian Pakai Relay Pada Motor

Bagi sobat bikers yang ingin menaikkan atau mendongkrak power atau torsi motor anda, mungkin anda bisa melakukan perbesaran pengapian atau tegangan api busi. Sebenarnya ada beberapa cara untuk memperbesar pengapian misalnya anda bisa menggunakan kapasitor, kabel ground, lilitan email, dan yang terakhir yaitu relay.

Namun, pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas satu cara saja yaitu dengan menggunakan relay. Apakah anda tahu bagaimana cara memperbesar pengapian pakai relay pada motor? Jika anda belum tahu, maka tak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara perbesar pengapian pakai relay pada motor.

Perlu anda ketahui bahwa dengan memperbesar pengapian busi, maka kemungkinan proses pembakaran bahan bakar terbakar sempurna akan lebih besar. Sehingga tenaga yang dihasilkan juga relatif lebih besar untuk konsumsi bahan bakar yang sama. Maka akibatnya motor anda akan menjadi lebih irit namun larinya lebih kencang.

Saat ini pun akan semakin mudah bila akan memperbesar pengapian motor karena sudah banyak sekali produk-produk di pasaran yang dapat anda gunakan. Namun, jika anda tidak memiliki banyak budget, maka anda tak perlu risau, masih ada cara yang terbilang cukup memiliki harga yang murah.

Yaitu dengan menggunakan relay. Jadi anda bisa memanfaatkan relay untuk memperbesar pengapian motor anda. Akan tetapi apakah anda tahu bagaimana caranya? Jika anda memang hanya ingin coba – coba saja, sebaiknya jangan deh. Karena anda pun harus memikirkan resiko biaya dan lain – lain. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai cara perbesar pengapian pakai relay pada motor, yaitu:

Siapkan relay 12 v yang memiliki 4 kaki terlebih dahulu

Cara perbesar pengapian pakai relay pada motor, yang pertama yaitu anda harus menyiapkan relay yang memiliki tegangan 12 v dengan empat (4)  kaki atau terminal. Hal ini sangat berguna untuk men-jumper kabel dari aki langsung ke CDI.

Selain menyiapkan relay sebagai modal utamanya, anda juga perlu menyiapkan bahan lain yang juga di butuhkan seperti kabel, sekun atau soket kabel, isolasi dan juga terakhir gunting. Kelengkapan alat yang dibutuhkan, akan berpengaruh pada hasil akhir, mulai dari pencapaian sampai dengan waktu kerjanya.

Tak perlu khawatir, harga relay dengan tegangan 12 v masih tergolong ditawarkan dengan harga miring kok. Jadi anda pun bisa bernafas lega dan tidak berpikir macam – macam. Jika anda bingung saat mendapatkannya, tanya saja kepada pihak yang lebih paham saat anda ke bengkel resmi atau pun bengkel yang berada di pinggir jalan.

Sambungkan kabel pakai sekun pada masing-masing terminal

Cara perbesar pengapian pakai relay pada motor, yang kedua yaitu setelah relay siap, anda bisa menyambungkan kabel pakai sekun pada empat kaki atau terminal. Jangan sembarangan dalam menyambungkan kabel ini, karena kabel harus di sambungkan sesuai dengan nomornya. Jika tidak, maka akan muncul masalah yang perlu anda berikan penanganan lebih lanjut. Dan tidak jarang menjadikan komponen – komponen tertentu saja mengalami kerusakan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:

  • Our put CDI dihubungkan dengan kaki relay nomor 85
  • Kabel ke socket CDI di hubungkan dengan kaki relay nomor 87
  • Massa dihubungkan dengan kaki relay nomor 86
  • Positif accu dihubungkan dengan kaki relay nomor 30
  • Sekarang anda bisa mencoba hasilnya.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai cara perbesar pengapian pakai relay pada motor. Pengapian mempunyai beragam fungsi vital yang membantu motor mencipatakan tenaganya. Konsistensi tenaga yang ditimbulkan pada motor, sangat berpengaruh dari bagian pengapian itu sendiri. Jika anda memang masih awam dan belum mengetahuinya, menyimak dari awal sampai akhir memang menjadi solusi yang dapat menambah wawasan baru bagi anda. Tidak ada ruginya mereka yang senang belajar dan membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *