Cara Mengganti Per Kopling Agar Tarikan Motor Melengking

Cara Mengganti Per Kopling Agar Tarikan Motor Melengking

Bagi sobat bikers yang gemar memodifikasi motor anda, terutama saat ingin membuat motor anda memiliki tarikan yang oke, maka mengganti komponen per kopling adalah salah satu solusi yang dapat anda lakukan. Mungkin untuk anda yang sudah lama berkutik di dunia otomotif hal ini adalah sesuatu yang sangat mudah dilakukan.

Namun, jika anda belum terlalu paham mengenai cara mengganti per kopling, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara mengganti per kopling agar tarikan motor melengking.

Perlu anda ketahui, bahwa per kopling menjadi salah satu komponen yang dapat di ganti jika anda ingin mendongkrak performa motor anda agar memiliki tarikan yang bagus. Bahkan saat ini anda tak perlu bingung lagi dalam membeli komponen yang satu ini, karena saat isi sudah banyak sekali perlu kopling after market yang beredar di pasaran.

Namun, anda juga harus berhati-hati dalam memilih pergi kopling pasalnya tidak semua perlu kopling yang beredar di pasaran memiliki kualitas yang baik. Setelah anda membeli per kopling, langkah selanjutnya adalah memasangnya pada motor anda. Namun, sebelumnya anda harus melepas per kopling bawaan pabrik pada motor anda terlebih dahulu. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai cara mengganti per kopling agar tarikan motor melengking, antara lain:

Siapkah alat-alat yang di perlukan terlebih dahulu

Cara mengganti per kopling agar tarikan motor melengking yang pertama adalah anda harus menyiapkan terlebih dahulu alat-alat yang di perlukan dalam mengganti per kopling. Alat-alat tersebut yaitu kunci pas, kunci shock, kunci ring, kain lap dan wadah untuk menampung oli. Jangan lupa anda juga harus menyiapkan oli, filter oli dan juga tentunya per kopling aftermarket.

Keluarkan oli dan lepaskan bak kopling

Cara mengganti per kopling agar tarikan motor melengking yang kedua yaitu anda bisa membuka tutup oli kemudian keluarkan oli yang ada di dalam tabung oli. Setelah semua oli keluar, maka anda bisa melepaskan bak kopling setelah anda selesai mengedorkan setiap kelapa baut yang ada pada bak kopling. Jangan lupa untuk menaruhnya di tempat yang telah di beri alas seperti kain dll, agar tidak mudah hilang.

Ganti per kopling lama dengan per kopling aftermarket yang baru

Cara mengganti per kopling agar tarikan motor melengking, yang ketiga yaitu mengganti kopling lama dengan yang aftermarket. Hal ini dapat anda lakukan setelah anda melepas baut penahan per kopling (gunakan kunci pas untuk mengganjal salah satu baut per kopling agar rumah kopling tidak ikut berputar).

Setelah itu, anda bisa melepas satu baut penahan per kopling, ambil per kopling lama dan kemudian masukkan per kopling baru dan kencangkan (Jangan sampai pol terlebih dahulu). Setelah itu, lepas baut penahan per kopling yang kedua dan pasang perkoplingnya, lanjutkan hal seperti ini pada baut penahan per kopling lainnya.

Bersihkan bak kopling dan filter oli dengan bensin

Cara mengganti per kopling agar tarikan motor melengking yang keempat yaitu, membersihkan bak kopling dan filter oli dengan bensin. Hal ini dapat anda lakukan sebelah per kopling aftermarket sudah terpasang dan baut penahan juga sudah dikencangkan semuanya. Setelah bak kopling dan filter oli bersih, maka anda dapat memasang filter oli, kemudian bak kopling, dan memasang tutup oli bawah serta yang terakhir mengisinya dengan oli yang baru.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai cara mengganti per kopling agar tarikan motor melengking. Anda bisa nih mencobanya untuk mendapatkan tarikan motor yang oke saat berkendara. Namun tidak disarankan jika anda masih pemula dan belum paham betul perihal permasalahan yang mungkin saja bisa timbul setelahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *