Cara Membunuh Bunyi Rem Pada Saat Musim Hujan

Cara Membunuh Bunyi Rem Pada Saat Musim Hujan

Bagi sobat bikers yang pernah mendengar suara berisik yang berasal dari rem cakram motor saat anda berkendara di musim hujan, mungkin hal tersebut sangat mengganggu bagi anda, karena dapat membuat anda menjadi tidak nyaman saat berkendara.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi? Lantas bagaimana cara membunuh atau menghilangkan bunyi berisik dari rem tersebut? Jika anda belum tahu, maka tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara membunuh bunyi rem pada saat musim hujan.

Jika di saat musim hujan anda mulai mendengar bunyi-bunyi berisik yang berasal dari rem cakram motor anda, maka sebaiknya anda harus segera mengatasi permasalahan ini. Selain mengganggu pendengaran anda sendiri juga dapat mengganggu pendengaran pengguna jalan yang lain karena bunyi rem yang berisik tersebut. Sebelum anda mengatasinya, maka anda harus tahu apa sih penyebab rem berdecit saat musim hujan?

Ternyata suara berisik yang berasal dari rem di akibatkan oleh kondisi rem yang kotor, atau mungkin rem macet, bisa juga karena kampas rem sudah aus. Nah, bila sekarang anda sudah mengetahui penyebabnya, maka berikut adalah sedikit ulasan mengenai cara membunuh bunyi rem pada saat musim hujan, antara lain:

Bersihkan debu yang menempel pada piringan cakram/trombol jika rem kotor

Cara membunuh bunyi rem pada saat musim hujan, yang pertama yaitu anda bisa langsung membersihkan bagian piringan cakram atau trombol jika rem kotor. Hal ini karena bunyi berisik tersebut berasal dari debu yang menempel pada cakram atau trombol yang kemudian terkena atau tersiram air hujan.

Oleh karena itu, anda dapat membersihkan piringan cakram atau trombol agar terbebas dari debu sehingga tidak menimbulkan suara berisik lagi saat digunakan berkendara di musim hujan. Minimal setelah selesai pemakaian, anda bisa langsung menyiramnya dengan menggunakan air sebagai pencegahan sejak dini (pertolongan pertama). Jangan biarkan motor anda mengering seusai basah – basahan atau pun menerjang kubangan air di jalanan.

Tak perlu mencucinya sampai benar – benar bersih, cukup dengan mengucuri bagian – bagian yang rentan terdapat kotoran menggunakan aliran air dari selang. Dengan begitu, maka kotoran – kotoran yang menempel akan rontok terbawa aliran air. Proses pembersihan akan lebih mudah saat motor masih dalam kondisi basah ketimbang saat sudah mulai mengering.

Karena jika sudah mengering, maka kotoran – kotoran yang ada menjadi lebih kuat menempel pada bagian motor. Sehingga diperlukan pembersihan yang lebih detail lagi. Tak perlu waktu lama kok untuk membersihkannya. Jika tidak ada selang di rumah, anda juga bisa menggunakan gayung.

Mengganti kampas rem yang sudah aus

Cara membunuh bunyi rem pada saat musim hujan, yang kedua yaitu dengan mengganti kampas rem yang sudah menipis atau aus. Karena selain adanya debu yang menempel pada piringan cakram, bunyi berdecit yang berasal dari rem motor juga disebabkan oleh kondisi kampas rem yang sudah menipis atau aus.

Anda bisa segera mengganti kampas jika tanda indikator garis pada kampas rem sudah hilang. Namun, jika ternyata kampas rem masih tebal, maka anda hanya perlu membersihkan kampas rem dengan menggunakan amplas. Pengetahuan mengenai kondisi kampas rem ini bisa anda pahami, karena dalam keseharian menggunakan sepeda motor, keberadaan rem sangatlah penting. Jadi anda harus rutin melakukan pengecekan secara mandiri atau pun ke bengkel agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai cara membunuh bunyi rem pada saat musim hujan. Bunyi rem yang timbul saat musim hujan tiba sudah menjadi hal yang wajar. Mengapa demikian? Banyaknya kotoran yang mungkin menempel saat anda menerjang kubangan atau banjir, tentu saja bisa berpotensi rem anda berbunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *