Cara Membuat Kopling Motor Manual Jadi Lebih Enteng

Cara Membuat Kopling Motor Manual Jadi Lebih Enteng, Begini Penjelasannya

Bagi sobat bikers, pastinya anda tak asing lagi dengan salah satu komponen motor yang berfungsi sebagai pemutus dan penghubung tenaga putaran mesin dari poros engkol. Ya komponen yang saya maksud adalah kopling pada motor.

Pernahkah anda merasa bahwa kopling motor anda menjadi lebih keras? Jika pernah, apakah anda ingin mengubah kopling motor anda menjadi lebih ringan? Jika anda ingin mengubahnya, maka anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara membuat kopling motor manual jadi lebih enteng.

Perlu anda ketahui, bahwa permasalahan Kopling manual yang terasa keras biasanya dapat di atasi dengan mengubah atau mengganti sistem kopling dengan sistem hidrolik. Namun, hal ini akan membuat hentakan atau tenaga awal mesin menjadi hilang atau berkurang. Jadi, apa solusi yang paling tepat untuk mengatasi kopling manual motor yang terasa keras? Jika anda tak ingin menggunakan solusi dengan mengganti sistem kopling motor anda menjadi hidrolik, maka mungkin anda bisa mempertimbangkan cara berikut ini. Baiklah langsung saja, berikut adalah cara membuat kopling motor manual jadi lebih enteng, yaitu:

Mengganti Handle Kopling dengan Produk Aftermarket Milik Accossato

Cara membuat kopling motor manual jadi lebih enteng, yaitu dengan mengganti handle kopling bawaan motor anda dengan handle kopling aftermarket milik accossato. Perlu anda ketahui, bahwa handle jenis ini sangatlah cocok anda gunakan di jalanan yang sering macet.

Jika kopling bawaan motor mungkin dengan gaya berkendara stop and go saat terjadi kemacetan akan membuat kopling memuai. Dan hal ini biasanya menjadi penyebab utama kopling bawaan motor lama kelamaan menjadi lebih berat. Sedangkan jika anda menggantinya dengan handle kopling aftermarket milik accossato, mau memuai seperti apapun juga, tidak akan membuat kopling menjadi lebih berat.

Handle kopling accossato ini sebenarnya masih menggunakan sistem kopling standar. Namun, handle kopling ini telah di desain sedemikian rupa agar jarak main kopling atau pivot bisa bervariasi sehingga tarikan kopling menjadi lebih enteng.

Dan handle kopling jenis ini bisa digunakan pada semua jenis motor selagi belum di ganti menjadi sistem hidrolik. Akan tetapi, jika motor anda merupakan honda CBR250RR maka anda masih belum bisa mengaplikasikan solusi ini. Hal ini karena jenis motor yang satu ini menggunakan 3 mode berkendara, dan memiliki saklar kopling lebih besar sehingga tidak cocok.

Perhatikan Penggunaan Kopling yang Benar

Menggunakan kopling yang salah, ternyata mampu mempengaruhi kinerja kopling itu sendiri dalam jangka panjang. Tidak menutup kemungkinan kopling pada motor menjadi lebih berat tarikannya. Untuk itu, bagi anda yang menggunaan motor kopling, perhatikan ya cara penggunaannya yang benar. Jangan asal bisa digunakan saja tanpa tahu bagaimana cara menggunakan yang tepat.

Perawatan Rutin Wajib Dilakukan

Saat menggunakan, tentunya harus dibarengi dengan perawatan yang rutin. Tanpa adanya perawatan, tentu saja kinerja kopling akan menurun seiring berjalannya waktu. Jadi anda tidak boleh menyepelekan yang namanya perawatan rutin, karena memang sangat penting. Selain itu, anda sebagai pengguna motor kopling juga harus rajin melakukan pembersihan. Karena debu yang menempel pada komponen – komponen motor, bisa saja menjadi salah satu pemicu kinerja komponen motor tertentu menjadi tidak maksimal.

Nah, demikianlah beberapa ulasan mengenai cara membuat kopling motor manual jadi lebih enteng yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena anda telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi anda.

Semoga melalui artikel ini, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda dalam penulisan artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *