Cara Hindari Kecelakaan Motor Pada Saat Musim Hujan

Cara Hindari Kecelakaan Motor Pada Saat Musim Hujan

Bagi sobat bikers, berkendara di saat musim hujan adalah sebuah tantangan tersendiri. Hal ini karena jika di bandingkan dengan berkendara di saat jalanan kering, maka berkendara saat hujan akan jauh  lebih sulit. Sehingga risiko terjadinya kecelakaan pun akan lebih besar saat berkendara di saat musim hujan.

Oleh karena itu, anda harus lebih berhati-hati jika berkendara di musim hujan. Walaupun sebenarnya musibah seperti kecelakaan itu tidak dapat kita prediksi, namun anda juga harus tetap berusaha agar dapat menghindarinya. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara hindari kecelakaan motor pada saat musim hujan.

Perlu anda ketahui, bahwa bukan hanya bencana alam saja yang dapat memakan korban, namun musim hujan juga dapat mengundang bahaya di jalan raya, khususnya bagi para pengendara sepeda motor. Hal ini disebabkan oleh kondisi jalan yang menjadi lebih licin, belum lagi lubang yang tidak terlihat karena genangan air di jalan akibat hujan yang turun. Buktinya saja angka kecelakaan di jalan raya menjadi meningkat saat musim hujan.

Baik kecelakaan tunggal maupun kecelakaan yang melibatkan beberapa pengguna jalan yang lain. Hal ini pastinya akan  membuat anda menjadi rugi karena harus memperbaiki motor anda ke bengkel. Bahkan tak hanya itu, kecelakaan mungkin juga dapat membahayakan keselamatan anda sendiri.

Oleh karena itu, sebaiknya anda mempersiapkan segala sesuatu untuk menghindari kecelakaan saat musim hujan. Berikut adalah cara hindari  kecelakaan motor pada  saat musim hujan, yaitu:

Kendaraan harus dalam kondisi siap, sebelum digunakan pada musim hujan

Cara hindari kecelakaan motor pada saat musim hujan yang pertama yaitu anda harus menyiapkan segala sesuatu agar motor anda dalam kondisi yang siap sebelum digunakan pada musim hujan.

Oleh karena itu, anda harus memeriksa kondisi ban (periksa tekanan angin, pastikan alur ban masih bagus), kondisi lampu pada motor anda dan komponen kontrol pada motor seperti gas, rem, dan kopling. Pastikan semua komponen tersebut dalam keadaan yang baik sebelum anda gunakan untuk berkendara saat musim hujan

Perhatikan aturan berkendara saat hujan

Cara hindari kecelakaan motor pada saat musim hujan yang kedua yaitu dengan memperhatikan aturan berkendara saat hujan. Dimana anda harus lebih berwaspada pada 30 menit pertama saat mulai turunnya hujan karena saat ini terjadi perubahan jalan yang menjadi licin. Jangan berkendara dengan kecepatan tinggi, dan nyalakan lampu utama motor anda.

Selain itu, anda juga harus selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain, hal ini di maksudkan agar anda bisa melakukan antisipasi jika terjadi sesuatu di depan anda. Dan apabila hujan yang turun sangat deras, maka lebih baik anda mencari tempat yang aman untuk berteduh, jangan memaksa terus berkendara saat hujan deras, karena sangat berbahaya.

Hindari Kebiasaan Stop and Go

Tak jarang pengguna kendaraan terlihat menggunakan motornya tanpa mempertimbangkan keamanan dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini terlihat dari cara berkendaranya yang selalu ingin mencapai kecepatan tinggi dan menggunakan rem secara mendadak. Istilannya adalah stop anda go.

Kebiasaan tersebut tentu akan meningkatkan resiko kecelakaan terlebih lagi saat musim hujan dimana gaya gesek antara ban dan jalan tidak masimal dalam keadaan basah. Untuk itu, anda pun harus mempertimbangkannya baik – baik. Jika anda tak mengindahkannya, bisa jadi banyak orang yang geram dengan tingkah laku anda. Terlebih lagi sesaat setelah hujan berhenti, cipratan demi cipratan akan mengenai pengendara lain dan tentu akan berujung pada kekesalan.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai cara hindari kecelakaan motor pada saat musim hujan. Intinya saat berkendara tetap hati – hati dan tidak kebut – kebutan, patuhi rambu – rambu lalu lintas serta harga pengguna kendaraan lain. Dengan begitu rasa aman dan nyaman saat berkendara akan anda dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *