Cara Bikin Ringan Rasio Matic Agar Akselerasinya Kuat dan Cepat

Cara Bikin Ringan Rasio Matic Agar Akselerasinya Kuat dan Cepat

Bagi sobat bikers yang memiliki motor matic, dimana anda ingin motor matic anda memiliki akselerasi yang kuat dan cepat maka ada cara yang dapat anda coba. Cara tersebut adalah dengan membuat rasio gear matic lebih ringan.

Mungkin bagi anda yang sudah lama bergelut di dunia otomotif, hal ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Apalagi sekarang banyak bengkel-bengkel yang menyediakan jasa pembubutan. Namun, bila anda belum tahu bagaimana caranya, maka anda tak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara bikin ringan rasio matic agar akselerasinya kuat dan cepat.

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membuat akselerasi motor matic anda menjadi lebih kuat dan cepat. Salah satunya adalah dengan membuat rasio gear motor matic menjadi lebih ringan.

Jadi, jika bobot atau rasio gear lebih ringan, otomatis akan membuat perpindahan gaya menjadi lebih enteng sehingga akan meningkatkan akselerasi menjadi lebih kuat dan cepat. Oleh karena itu, jika anda ingin meningkatkan akselerasi motor matic anda, maka tidak ada salahnya anda mencoba cara atau trik yang satu ini.

Sebenarnya, cara ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, jika anda belum tahu bagaimana caranya, maka tak perlu risau. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai cara bikin ringan rasio matic agar akselerasinya kuat dan cepat, antara lain yaitu:

Anda dapat melepas gear rasio motor matic terlebih dahulu

Cara bikin ringan rasio matic agar akselerasinya kuat dan cepat, yang pertama yaitu anda dapat melepas gear rasio motor matic terlebih dahulu. Caranya adalah anda harus membuka cover CVT, belt beserta pulley belakang. Prosesnya sama seperti saat membuka CVT untuk servis bulanan.

Bedanya kali ini anda harus membuka gearbox matic yang biasanya di ikat dengan baut L5. Tapi perlu di ingat, sebelum membuka gearbox, pastikan dulu oli gearbox sudah terbuang lewat saluran pembuangan. Setelah tutup gearbox terbuka, baru anda lepas gear rasio pelan-pelan.

Karena jika oli yang terdapat pada gearbox tidak dibuang, akan mempersulit proses kerja yang anda lakukan. Belum lagi kondisi dimana anda akan belepotan oli, pastinya membuat anda menjadi kurang nyaman. Pada dasarnya oli sendiri kalau sudah menempel di sela – sela kuku cukup sulit untuk dibersihkan.

Tentu saja anda tidak mau buka jika sampai hal tersebut benar – benar terjadi. Menggunakan prosedur yang benar memang sangat dibutuhkan. Jadi, demi kebaikan anda sendiri, meskipun prosesnya lebih lama, mau tidak mau harus dilakukan ya.

Membawanya ke bengkel bubut profesional

Cara bikin ringan rasio matic agar akselerasinya kuat dan cepat yang kedua yaitu anda bisa langsung membawa gear rasio ke bengkel bubut profesional setelah terlepas dari gearbox matic. Perlu anda ketahui bahwa yang dibubut bukanlah geriginya melainkan bagian tengah rasio yang sudah berbentuk got atau counter gear nya. Biasanya pembubutan cuma akan memperdalam counter gear antara 1-2 mm. Jika lebih, maka dapat berisiko gear rasio menjadi rusak.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai cara bikin ringan rasio matic agar akselerasinya kuat dan cepat. Sekarang anda bisa mencobanya sendiri dengan tetap memperhatikan kondisi komponen – komponen pada motor anda. Jika memungkinkan untuk diatur rasionya, maka boleh – boleh saja.

Namun jika kondisinya kurang baik, jangan dipaksakan ya. Daripada nantinya timbul masalah yang lebih serius. Untuk lebih amannya sih sebaiknya serahkan saja pada ahlinya yaitu bengkel resmi atau pun bengkel yang dianggap profesional. Perlu anda ketahui, biasanya di bengkel resmi tidak menerima pengerjaan yang menyalahi aturan perusahaan, seperti halnya membuat motor anda menjadi tidak standar karena mengatur rasionya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *