Cara Atur Ketebalan Paking Kepala dan Blok Silinder Motor

Cara Atur Ketebalan Paking Kepala dan Blok Silinder Motor

Bagi sobat bikers yang ingin memiliki motor dengan tarikan yang mantap, maka anda perlu mencoba menaikkan kompresi motor anda dengan mengatur ketebalan paking kepala dan blok silinder motor. Karena dengan cara ini, anda dapat memiliki tarikan motor yang mantap.

Namun, apakah anda sudah tahu bagaimana cara mengatur ketebalan paking kepala dan blok silinder motor? Jika belum, maka anda harus mencari tahu terlebih dahulu. Namun, anda tak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara atur ketebalan paking.

Perlu anda ketahui bahwa kompresi itu sebenarnya hanya perbandingan volume ruang bakar dan bahan bakar yang telah disesuaikan oleh pabrik berdasarkan bahan bakar dan kegunaannya. Namun, sayang sekali ternyata kompresi yang sudah di setting pabrik lebih rendah daripada spesifikasi di brosur. Oleh karena itu, anda jangan heran bila mesin baru kekuatan pabrik jarang memuaskan para konsumennya.

Namun, anda tak perlu risau karena anda bisa kok menaikkan kompresi motor anda. Cara yaitu dengan melakukan pengaturan pada ketebalan paking kepala dan blok silinder motor. Akan tetapi, jika anda belum tahu bagaimana caranya, tak perlu cemas. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai cara atur ketebalan paking kepala dan blok silinder motor, antara lain yaitu:

Anda bisa mengatur ketebalan paking hingga tinggal satu lapis saja

Cara atur ketebalan paking kepala dan blok silinder motor, yang pertama yaitu anda bisa langsung mengurangi ketebalan paking hingga tinggal satu lapis saja. Perlu anda ketahui bahwa ketebalan paking biasanya terdiri dari tiga (3) lapis. Dengan mengurangi paking, maka akan langsung mengurangi volume ruang bakar.

Contohnya paking generasi honda c-series sepeti honda grand, yang memiliki tebal paking mencapai 0,9 mm, yang terdiri dari 3 lapis paking. Pada Suzuki FU 150 juga bisa anda memakai trik seperti ini. Biar kompresi baik, maka anda hanya tinggal menyisakan satu lapis saja sehingga tebalnya menjadi 0,25 mm. Mengurangi lapisan pada paking dianggap mampu memaksimalkan akselerasi motor saat digunakan.

Namun tetap saja ya, anda harus memperhatikan keselamatan. Jika saat proses pengurangan paking ternyata ditemukan kendala, sebaiknya jangan dilanjutkan. Sebenarnya membuat motor menjadi tidak standar bisa menimbulkan beragam resiko. Pada dasarnya pabrik menciptakan motor sudah mempertimbangkan segala aspek sehingga standarisasinya sangat diperhatikan.

Menghitung berapa pengurangan ruang bakarnya

Cara atur ketebalan paking kepala dan blok silinder motor, yang kedua yaitu menghitung berapa pengurangan ruang bahan bakarnya agar anda dapat percaya. Misalnya mesin c-series berkapasitas 97,1 cc (diameter piston 50 mm dan stroke 49,5 mm) berkompresi 8.

Jika dihitung, volume ruang bakarnya: (97, 1/(8-1)) =13, 87 cc. Paking 0,9 mm memiiki volume = 0,785x50x50x0, 25/1000= 0,49 cc. Volume ruang bakar akhir = 13,87 – (1, 766-0, 49) = 12,594 cc. Perbandingan kompresi sekarang menjadi (97, 1/12, 594) + 1 = 87,1 alias 87,1: 1 oleh karena itu anda dapat langsung mengganti paling dengan ketebalan 0,25 mm tadi. Yang semula rata – rata terdapat 3 lapis, bisa dikurangi menjadi satu lapis saja. Untuk mempraktekannya sendiri, tentu dibutuhkan ketelitian dan pehaman yang baik agar tidak kebingungan.

Nah, demikiankah sedikit ulasan mengenai cara atur ketebalan paking kepala dan blok silinder motor yang perlu anda ketahui. Meskipun kelihatannya lumayan ribet, jika anda pahami baik – baik langkah demi langkahnya, tentu saja tidak sesulit yang anda bayangkan.

Perlu anda ingat, dengan memikirkan baik – baik hasil perhitungan saat mengatur ketebalan bagian paking kepala dan blok silinder motor, tentu akan berdampak baik pada motor anda. Justru sebaliknya jika anda sembarangan dan tidak mempertimbangkan resiko yang ditimbulkan, tentu saja bisa membahayakan anda saat berkendara. Jika anda tidak ingin repot dan hanya ingin terima beres saja, mempercayakan kepada ahlinya akan jauh lebih baik ketimbang harus coba – coba. Apalagi bagi anda yang tidak punya banyak waktu luang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *