Cara Aman Melepas Sticker di Mobil

Cara Aman Melepas Sticker di Mobil

Bagi sobat otomotif yang memasang sticker atau cutting sticker/body wrapping pada mobil anda, maka sebaiknya anda sudah paham bagaimana cara yang aman untuk melepas sticker tersebut. Mengapa demikian? Hal ini karena cutting sticker pada mobil dapat di ibaratkan sebagai tatoo sementara yang sewaktu-waktu dapat harus di lepas.

Nah, apakah anda tahu bagaimana cara yang aman untuk melepas sticker tersebut dari mobil anda?  Jika belum, maka anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara aman melepas sticker di mobil.

Perlu anda ketahui, bahwa saat ini telah banyak sekali para pemilik mobil yang memodifikasi tampilan bodi mobilnya dengan beragam gambar yang sesuai dengan keinginannya masing-masing. Sehingga menempelkan cutting sticker atau body wrapping menjadi pilihan yang sangat tepat.

Namun, sticker ini pastinya tidak dapat bersifat permanen dan lama kelamaan akan mengalami perubahan dimana warnanya menjadi semakin kusam atau mungkin bisa robek dan akhirnya tidak menarik lagi. Biasanya dalam keadaan normal, bahan sticker berkualitas dapat bertahan paling lama satu tahun.

Sebenarnya jika mobil anda belum pernah diwarnai dengan cat baru, dan masih menggunakan cat bawaan pabrik, maka saat melepas sticker masih aman. Namun, jika cat mobil sudah diubah maka biasanya akan ikut terangkat saat melepas sticker. Berikut, adalah sedikit ulasan mengenai cara aman melepas sticker di mobil, antara lain:

Dengan Memanfaatkan Keberadaan Hair dryer

Cara aman melepas sticker di mobil yang pertama yaitu dengan menggunakan hair dryer atau pengering rambut yang biasa di miliki oleh ibu-ibu rumah tangga untuk mengeringkan rambut. Cara menggunakan hair dryer untuk melepas sticker di mobil yaitu dengan memanaskan sticker hingga lem tidak terlalu kuat menempel pada body mobil (lem jadi lembek/lunak). Panas dari pengering rambut tidak terlalu panas sehingga hanya akan melemaskan sticker dan tidak merusak cat mobil

Anda Bisa Manfaatkan Mentega

Cara aman melepas sticker di mobil yang kedua yaitu dengan menggunakan mentega. Mentega adalah salah satu cara yang ampuh untuk membantu anda melepas sticker di mobil anda. Mentega memiliki reaksi kimiawi dalam mengurangi daya rekat lem adhesif sticker. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membasahi permukaan sticker dengan mentega. Tunggu sampai sticker menjadi lunak baru kemudian anda dapat melepasnya.

Anda Bisa Manfaatkan Sabun dan shampo

Cara aman melepas sticker di mobil yang ketiga yaitu menggunakan sabun dan shampo. Caranya tidak terlalu sulit, tinggal anda basahi saja permukaan sticker yang akan di lepas menggunakan air sabun atau air shampo. Setelah itu, gosok perlahan menggunakan kain basah sampai perekat pada sticker tersebut terkelupas.

Gunakan Cairan Khusus Pelepas Stiker

Untuk bisa melepaskan stiker secara sempurna agar tidak meninggalkan bekas, anda bisa memakai cairan khusus yang memang diperuntukkan dalam proses pelepasan stiker mobil. Anda bisa membelinya langsung di toko – toko yang menyediakan aksesoris mobil dan motor atau pun di bengkel terdekat.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai cara aman melepas sticker di mobil. Penggunaan stiker yang terkadang untuk menambah gaya, rasanya jika sudah digunakan dalam jangka waktu lama membuat bosan pemiliknya. Jadi tidak ada salahnya melakukan pelepasan agar penampilan mobil anda selalu berubah – ubah dan tentu saja tetap tampil gaya.

Jika anda hobi melakukan pemasangan stiker, ada baiknya juga memperhatikan perawatannya ya, agar bodi motor anda pun tidak mengalami kerusakan. Biasanya jika pada bodi mobil dipasang stiker, bagian pinggir dari stiker sangat rawan menjadi sarang dari debu. Untuk itu anda pun bisa memberikan perhatian khusus dan jangan sampai keberadaan stiker memunculkan masalah baru bagi mobil anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *