Bukan Hanya Manusia, Busi Panas Dingin Juga Bikin Motor Sakit

Bukan Hanya Manusia, Busi Panas Dingin Juga Bikin Motor Sakit

Bagi sobat bikers, maka anda perlu berhati-hati dalam menggunakan busi pada motor anda. Karena jika anda memasang busi yang memiliki daya insulator yang tidak sesuai dengan motor anda, bisa-bisa berakibat fatal pada motor anda itu sendiri. Nah, jika berbicara mengenai busi, maka anda pasti tahu istilah busi panas dan busi dingin. Karena di pasaran memang banyak sekali penjual sparepart yang menjual kedua busi jenis ini.

Namun, apakah anda tahu, bahwa tidak hanya manusia, busi panas dingin juga bikin motor sakit? Lho kok bisa gitu ya? Jika anda penasaran mengenai hal tersebut, maka tak ada salahnya bila anda membaca artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai bukan hanya manusia, busi panas dingin juga bikin motor sakit.

Perlu anda ketahui bahwa motor kerap bermasalah bahkan terancam jebol jika kondisi busi panas-dingin. Mungkin anda sudah tahu jika busi panas dingin banyak sekali di pasaran. Namun, sebelumnya apakah anda tahu apa yang di maksud dengan busi panas dan busi dingin?

Busi panas adalah busi yang pemanasan awalnya cepat. Sehingga busi jenis ini cocok sekali di gunakan pada mesin yang cenderung dingin. Sedangkan busi dingin adalah  busi yang pemanasan awalnya lambat.

Jadi busi ini cocok di gunakan pada mesin yang cenderung meledak-ledak (cepat panas). Jadi, apa hubungannya dengan masalah busi panas dingin bikin motor sakit tadi? Berikut adalah sedikit ulasan mengenai bukan hanya manusia busi panas dingin juga bikin motor sakit, yaitu:

Jika pemasangan busi tidak disesuaikan dengan tingkat kompresi mesin maka akan membuat motor bermasalah

Bukan hanya manusia, busi panas dingin juga bikin motor sakit, bahwa memang jika anda memasang busi yang memiliki daya insulator (daya menahan panas) yang tidak sesuai dengan kompresi mesin, maka hal tersebut benar dapat membuat motor bermasalah.

Artinya bila busi dengan heat rating rendah di pasang pada motor dengan kompresi tinggi, maka berisiko membuat insulator pecah atau meleleh. Yang paling di khawatirkan adalah pecahnya insulator yang akan langsung masuk ke ruang bakar sehingga akan terperangkap dan merusak boring liner serta piston yang sedang bekerja. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan heat rating jika anda ingin melakukan substitusi pada busi.

Perhatikan Baik – Baik Kebersihan Bagian Busi Pada Motor

Kebersihan bagian busi memang harus diperhatikan terlebih lagi jika anda menggunakan motor dengan frekuensi yang tinggi. Kondisi kebersihan bagian busi juga sangat mempengaruhi peforma dari tarikan motor itu sendiri. Untuk itu, anda tak boleh melewatkannya jika tidak ingin terjadi masalah pada motor anda saat dalam perjalanan. Karena masalah yang terjadi pada busi, tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi.

Pahami Kapan Busi Pada Motor Harus Diganti

Penggantian busi, juga sangat diperlukan untuk menjaga peforma dari kendaaraan yang anda gunakan. Saat musim hujan tiba, biasanya busi harus seringkali diganti karena rentan terkena cipratan air dan tidak jarang menjadi berkarat. Anda tak perlu khawatir masalah harga, karena rata – rata harga busi motor tidaklah mahal.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai bukan hanya manusia, busi panas dingin juga bikin motor sakit. Untuk itu anda harus memperhatikan penggunaan motor anda dengan benar. Saat musim hujan tiba, usahakan menghindari jalanan yang terdapat genangan air.

Mengingat letak busi berada di bagian bawah body, sangat rentan terkena percikan air yang membuatnya sering terjadi masalah tanpa diduga – duga. Bisa anda bayangkan sendiri jika busi dalam kondisi panas langsung terkena cipratan atau bahkan sampai terendam air, pasti akan langsung mengeluarkan asap. Jangan anggap remeh hal tersebut, karena dalam jangka waktu tertentu, kerusakan pada bagian busi tidak bisa dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *