Benarkah Kotoran dan Debu Menjadi Musuh Utama Shock Motor

Benarkah Kotoran dan Debu Menjadi Musuh Utama Shock Motor

Bagi sobat bikers, yang sering mengendarai motor anda, kenyamanan adalah hal yang pasti diinginkan saat berkendara dengan motor. Dan salah satu komponen yang paling berpengaruh dalam hal kenyamanan pada sepeda motor adalah shockbreker atau suspensi.

Ya, komponen yang berfungsi meredam getaran yang di akibatkan oleh jalanan yang tidak rata dan berlubang ini memang sangatlah penting keberadaannya pada sepeda motor. Oleh karena itu, jika anda ingin memiliki motor yang nyaman, maka anda harus merawat komponen yang satu ini terutama dari debu dan kotoran. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai benarkah kotoran dan debu menjadi musuh utama shock motor.

Perlu  anda ketahui, bahwa masalah debu dan kotoran adalah hal wajar yang sering menyerang sepeda motor. Hal ini karena seringnya anda menggunakan sepeda motor anda untuk beraktivitas sehari-hari. Maka akan otomatis membuat sepeda motor anda terkena kotoran dan debu.

Hal ini tentunya akan membuat tampilan motor anda menjadi kurang menarik. Namun, di samping mengurangi tampilan motor anda, apakah anda tahu bahwa suspensi atau shockbreker pada motor anda musuh utamanya adalah debu dan kotoran? Apakah hal tersebut benar?

Jika anda belum tahu jawabannya, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada artikel ini, saya akan memberikan ulasannya untuk anda. Baiklah langsung saja berikut adalah sedikit ulasan mengenai benarkah kotoran dan debu menjadi musuh utama shock motor, yaitu:

Bahwa debu dan kotoran akan mengakibatkan seal dalam shock cepat aus

Benarkah kotoran dan debu menjadi musuh utama shock motor, jawabannya adalah benar, bahwa debu dan kotoran yang terlalu sering menempel pada suspensi atau shock sepeda motor, akan mengakibatkan seal dalam shock tersebut menjadi cepat aus atau robek.

Hal ini akan terjadi apabila debu dan kotoran berhasil masuk ke dalam suspensi atau shockbreker. Dan apabila seal dalam shock motor sudah aus atau robek, maka akan mengakibatkan oli pada shock bocor. Dan apabila oli atau pelumas berkurang, maka akan berdampak pada daya rebound menjadi tidak maksimal.

Sehingga, akhirnya motor anda pun akan menjadi tidak nyaman saat di kendarai apalagi jika di gunakan di jalanan yang berlubang dan tidak rata. Oleh karena itu, sebaiknya anda harus rajin menjaga kebersihan pada shock motor anda agar shock menjadi lebih awet dan motor pun menjadi nyaman.

Debu yang Menumpuk Memang Bisa Mengganggu Kinerja Berbagai Komponen Motor

Jangan sepelekan keberadaan debu yang sudah menumpuk pada berbagai komponen motor. Meskipun tampak halu, ternyata bisa menjadi penyebab fatal pada beberapa komponen motor. Seperti halnya membuat bodi motor menjadi baret atau pun masalah pada shock motor anda. Dengan keberadaan debu, tenti kinerja dari shock motor anda menjadi terganggu.

Terlebih lagi saat beban yang harus ditanggung lebih berat, akan meningkatkan resiko kerusakan pada shock sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Jika sudah begini, anda sendiri yang akan merasakan ketidaknyamanan saat sedang berkendara, akibat tak memperhatikan keberadaan debu yang bermukim di bagian shock.

Musim Hujan Meningkatkan Masalah Pada Shock Motor

Saat musim hujan tiba, mungkin masalah yang ditimbulkan bisa lebih parah. Tidak debu lagi yang menempel, melainkan kotoran yang berasal dari genangan air saat anda berkendara, jika tak segera dibersihkan lama kelamaan akan mengering dan berkerak.

Ini jauh lebih beresiko ketimbang debu. Karena kotoran jelas – jelas terlihat pada shock motor. Untuk itu sangat disarankan setelah pemakaian motor terutama waktu musim hujan, agar langsung mencucinya saja untuk meminimalisir terjadinya masalah pada komponen motor anda.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai benarkah kotoran dan debu menjadi musuh utama shock motor. Perhatikan baik – baik dan cegah sedini mungkin selagi bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *