Bahaya Keseringan Taruh Jari di Handle Rem Terhadap Motor

Bahaya Keseringan Taruh Jari di Handle Rem Terhadap Motor

Bagi sobat bikers seringnya mengendarai sepeda motor akan membuat anda memiliki kebiasaan tersendiri saat berada di atas tunggangan anda. Oleh karena itu, anda juga harus memperhatikan apakah kebiasaan anda saat naik motor termasuk dalam kategori kebiasaan baik atau buruk.

Karena jika anda membiarkan kebiasaan buruk itu terus menerus anda lakukan, maka akan tidak mungkin apabila suatu saat nanti berdampak pada motor anda. Kebanyakan bikers biasanya terlalu sering menaruh jarinya di handle rem motor.

Apakah hal ini berbahaya? Apa sih dampaknya hal ini terhadap motor? Jika anda belum tahu, maka anda tak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai bahaya keseringan taruh jari di handle rem terhadap motor.

Mungkin anda pernah melihat pengendara yang terlalu sering menaruh jarinya di handle rem motornya saat berkendara padahal pengendara tersebut tidak berniat melakukan pengereman. Perlu anda ketahui bahwa kebiasaan buruk menempel atau menaruh jari pada handle rem motor terlalu sering akan berakibat fatal bagi motor anda. Terutama jika anda menggunakan motor matic.

Oleh karena itu, mulai saat ini anda harus menghindari agar tidak terlalu sering menaruh jari anda ke handle rem motor. Lantas, apakah dampak yang dapat di timbulkan dari kebiasaan buruk ini. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai bahaya keseringan taruh jari di handle rem terhadap motor, yaitu:

Membuat CVT motor matic bermasalah bahkan jebol

Bahaya keseringan taruh jari di handle rem terhadap motor, yaitu bahwa kebiasaan meletakkan atau menaruh jari terlalu sering pada handle rem motor dapat mengakibatkan CVT motor matic anda bermasalah bahkan bisa saja jebol. Terutama jika motor matic anda sudah menggunakan sistem pengereman hidrolis di kedua remnya.

Terkadang bikers tidak sadar bahwa ia menekan rem saat meletakkan jari di handle rem. Akibatnya laju motor menjadi tertahan dan jika dibiarkan terus menerus maka lama kelamaan akan membuat kampas rem dan piringan (disc brake) cepat aus.

Bahkan hal yang paling fatal juga bisa terjadi yaitu kerusakan pada komponen CVT motor seperti pada bagian kampas ganda yang cepat habis, mangkok atau rumah kampas ganda yang cepat berubah menjadi gosong, sampai belt yang jadi mudah putus. Oleh karena itu, daripada anda harus bolak-balik ke bengkel lebih baik mulai sekarang anda tinggalkan kebiasaan buruk ini.

Laju Motor Anda Menjadi Lebih Lambat

Tak hanya komponen CVT yang beresiko menjadi jebol, namun kebiasaan buruk tersebut juga bisa membuat komponen rem menjadi terbiasa melekat sehingga menyebabkan laju motor anda menjadi berat. Kebanyakan yang sering melakukan kebiasaan buruk tersebut adalah para ibuk – ibuk. Mereka sengaja menggunakan rem saat sedang menjalankan motornya karena takut terjatuh saat kecepatan tinggi.

Dan penggunaan rem saat menjalankan motor dianggap lebih aman karena sudah siap melakukan pengereman jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan saat berkendara. Tahu sendiri, kebanyakan ibuk – ibuk saat berkendara tak paham betul cara berkendara yang baik dan seringkali mengabaikan rambu – rambu lalu lintas.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai bahaya keseringan taruh jari di handle rem terhadap motor. Dengan memahami kebiasaan buruk yang mungkin saja tidak anda sadari, tentu akan meminimalisir dampak buruk yang akan ditimbulkan dari kebiasaan buruk tersebut. Coba lakukan evaluasi apakah cara berkendara anda sudah baik saat di jalan raya.

Evaluasi tak hanya membawa dampak baik bagi diri anda sendiri, melainkan orang lain pun juga bisa terhindar dari dampak buruk yang mungkin saja ditimbulkan dari gaya berkendara anda. Untuk itu, mulai dari sekarang sebaiknya anda lebih menyadari baik dan buruknya teknik berkendara yang anda lakukan sehari – hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *