Bagaimana Cara Memilah Aksesori Mobil yang Bisa Dipasang dan Tidak?

Penawaran aksesoris mobil kerap diberikan dealer saat transaksi berlangsung. Keberadaan pelengkap tersebut bukan hanya dapat mempercantik penampilan mobil, tetapi juga meningkatkan kenyamanan para penumpang.

Sayangnya, tak sedikit orang yang masih menganggap aksesori bak dekorasi dan kurang memperhatikan fungsi utamanya. Alih-alih membuat kendaraan semakin keren, kendaraan Anda malah tampak norak atau menyulitkan saat dikendarai. Selain itu belum tentu semua aksesori yang Anda beli sesuai dengan variasi body mobil Avanza.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam mencari aksesori kendaraan, berikut ada panduan yang dapat membantu Anda menemukan pelengkap yang tepat.

  1. Beli aksesori dari dealer resmi

Para produsen otomotif sepertinya sadar akan tingginya minat pemilik mobil terhadap aksesori. Hal inilah yang mendorong mereka memproduksi aksesori sebagai pelengkap sekaligus daya tarik kendaraan. Tak jarang calon pembeli mendapatkan potongan harga apabila menerima tawaran aksesori dari produsen.

Harga aksesoris mobil Ertiga termasuk terjangkau, tetapi Anda bakal mendapatkan benefit dibandingkan beli pelengkap dari pihak ketiga. Sebagian besar aksesori resmi dirancang berdasarkan standar yang telah diberlakukan. Jadi kemungkinan cacat atau merusak kendaraan pun relatif kecil.

  1. Prioritaskan aksesori berbahan plastik

Material yang digunakan untuk membuat aksesori kendaraan terbilang beragam. Dari plastik, stainless steel, besi, hingga fiber. Namun ada baiknya Anda memprioritaskan aksesori yang terbuat dari plastik. Selain bobotnya yang ringan, item ini juga praktis dibawa ke mana-mana.

Sebisa mungkin hindari aksesori mobil yang terbuat dari fiber. Mengapa? Fiber ternyata menampilkan warna yang kurang mendekati warna kendaraan. Kemudian dibandingkan plastik, fiber juga akan rapuh saat terpapar sinar matahari dalam waktu lama.

  1. Sesuaikan dengan spesifikasi mobil

Poin lainnya yang patut diperhatikan saat memilih aksesori kendaraan adalah kesesuaiannya dengan spesifikasi. Khususnya kalau Anda sedang mencari pelengkap untuk menunjang sistem keamanan atau keselamatan selama berkendara.

Misalnya saat mencari aksesori untuk lampu, pastikan spesifikasinya memenuhi standar dan harga lampu aksesori mobil. Salah memilih pelengkap berisiko membahayakan keselamatan, karena aksesori yang bebannya lumayan berat bisa membebani kapasitas kendaraan Anda.

  1. Pas dengan bujet yang telah disiapkan

Terakhir dan pastinya sangat penting adalah bujet yang Anda siapkan untuk membeli aksesori. Semurah atau semahal apa pun harga yang dibanderol, kalau tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan, malah akan memberatkan. Jadi ada baiknya Anda memeriksa dulu harga aksesori dengan kebutuhan.

Kemudian, aksesoris mobil Honda City tetap bersifat sebagai item tambahan. Memasang terlalu banyak aksesori pada kendaraan justru akan menyulitkan Anda saat hendak memodifikasi secara menyeluruh. Menjualnya kembali juga kurang menguntungkan karena orang lebih memilih membeli item baru.

Tidak semua aksesori bisa dipasang di mobil

Menilai dari rangkaian tip di atas, kira-kira contoh aksesori mobil apa yang benar-benar Anda perlukan? Di beberapa negara, GPS (Global Positioning System) menjadi salah satu aksesori yang diperlukan bagi mereka yang sering kali tersesat. Namun, sebagian besar mobil keluaran teranyar sudah memasang GPS sebagai salah satu fitur utama. Ada lagi holder untuk ponsel yang belakangkan kerap dijumpai di mobil pribadi maupun yang digunakan untuk taksi berbasis aplikasi online.

Mobile USB charger, tempat sampah, dan aksesori jok mobil Avanza lainnya adalah sebagian item tambahan yang bisa Anda beli. Akan tetapi, tahukah Anda ada beberapa aksesori yang ternyata kurang direkomendasikan untuk dipasang di mobil? Simak daftarnya di bawah ini!

  1. Sarung lingkar kemudi

Sejumlah pengendara mobil memilih membungkus lingkar setir atau kemudi dengan sarung berbahan kulit. Alasannya selain mempercantik kemudi dan kabin, sarung ini pun dinilai meningkatkan kenyamanan saat membawa kendaraan di jalan.

Namun, beberapa pengendara membeli aksesori tersebut di tempat jual aksesoris motor atau mobil yang tidak resmi. Sebagian sarung yang tersedia terbuat dari material licin yang membahayakan, sebab akan melepas pegangan pengemudi yang membuat mereka kehilangan kendali.

  1. Karpet lantai non-OEM

Untuk menjaga kebersihan kabin mobil, pemilik mobil biasanya membeli karpet lantai. Namun, seperti poin sebelumnya, sejumlah pengendara malah memilih aksesori mobil non-OEM (Original Equipment Manufacturing) karena harganya lebih terjangkau dan mudah ditemukan.

Padahal, menempatkan karpet non-ODM pada mobil dapat mengundang bahaya. Material yang dipakai untuk membuat produk tersebut rentan menempel pada pedal rem atau gas. Akibatnya, mereka akan kehilangan kontrol saat salah satu ujung karpet terangkat dan menghalangi pedal atau gas.

  1. Lampu depan berwarna

Lampu depan atau foglamps adalah salah satu komponen mobil yang ternyata bisa dibeli grosir aksesoris motor terlengkap. Dengan harga lebih bersahabat, lampu depan pun dibeli, bahkan pengendara memilih foglamps berwarna kuning yang dinilai dapat meningkatkan pandangan.

Pada dasarnya, lampu berwarna kuning memang menghasilkan cahaya yang lebih terang. Namun, sinar yang terlampau terang justru akan membahayakan pengemudi maupun pejalan kaki. Sebainya Anda pilih lampu depan standar yang tak akan berisiko menimbulkan kecelakaan.

  1. Hiasan di spion dan dasbor

Pernah melihat hiasan atau perlengkapan touring motor matic yang ditempatkan di spion? Atau aksesori seperti patung kecil di dasbor? Sebenarnya, menghias spion atau dasbor tak akan menimbulkan masalah serius, hanya saja kalau berlebihan malah akan membuat kelancaran berkendara terganggu.

Menempatkan hiasan pada spion, misalnya, sangat riskan karena menghalangi Anda saat akan melihat kendaraan di belakang atau memarkirkan kendaraan. Sementara benda-benda yang diletakkan di depan dasbor bisa saja terjatuh dan berguling ke pedal atau gas.

  1. Kabel listrik dari pihak ketiga

Aksesori mobil berikutnya yang belakangan sedang digemari adalah kabel listrik. Item ini biasanya dibeli saat seseorang hendak memodifikasi kendaraan untuk memasang amplifier dan tabung gas untuk sistem audio. Instalasi headlamp juga membutuhkan kabel tambahan.

Namun, beberapa pengemudi masih belum memperhatikan pentingnya kabel listrik orisinal dan malah memakai kabel listrik dari pihak ketiga. Pemasangan yang kurang tepat pun malah akan menimbulkan panas berlebih yang berpotensi memicu korsleting dan merusak kendaraan.

  1. Hiasan sabuk pengaman

Anda mungkin tak akan menemukan hiasan ini saat membandingkan harga aksesoris motor touring, tetapi ada baiknya Anda berhati-hati. Aksesori yang disematkan pada sabuk pengaman mungkin tidak akan bermasalah kalau tak berlebihan atau sesuai fungsi, tetapi bagaimana kalau berlebihan?

Seperti yang Anda ketahui, sabuk pengaman adalah fitur pengaman yang akan menjaga penumpang agar tak terjatuh atau terpental. Jika hiasan yang dipasang pada sabuk pengaman malam membebani dan menghalangi kunci, Anda jelas akan kesulitan melepas dan terpaksa memotongnya.

Demikian informasi seputar aksesori untuk kendaraan. Semoga penjelasan di atas akan menambah pengetahuan otomotif Anda bersama wawasan lain seperti harga sparepart RX King lengkap. Semoga Anda pun menemukan aksesori mobil yang benar-benar sesuai keperluan dan bujet yang disiapkan sejak jauh-jauh hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *