Alasan Kenapa Pemotor Tidak Boleh Sembarangan Berbelok

Alasan Kenapa Pemotor Tidak Boleh Sembarangan Berbelok

Bagi sobat bikers yang terbiasa berkendara di jalan raya, maka anda harus benar-benar tahu mengenai aturan yang benar saat berkendara di jalan raya yang ramai kendaraan, baik roda dua (motor) maupun roda empat dan jenis kendaraan yang lainnya.

Mengapa demikian? Hal ini karena memperhatikan aturan berlalu lintas sangatlah penting dan sangat berpengaruh pada keselamatan anda bikers sendiri. Namun, kebanyakan bikers saat ini malah tidak terlalu memperhatikan aturan-aturan yang baik saat berkendara.

Salah satunya adalah kebiasaan pemotor yang berbelok secara sembarangan. Sebenarnya hal ini sangatlah tidak boleh untuk anda lakukan. Mengapa demikian? Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai alasan kenapa pemotor tidak boleh sembarangan berbelok.

Berkendara di jalan raya adalah suatu kegiatan yang sangat membutuhkan kewaspadaan dan juga kehati-hatian. Jangan sekali-kali anda melakukan kecerobohan atau sembarangan saat berkendara dengan motor anda. Hal yang paling sering terjadi adalah kebiasaan pengendara motor yang sembarangan berbelok.

Hal ini tentunya sangat berbahaya, baik bagi anda maupun pengguna jalan lain di sekitar anda. Jika anda tetap melakukan kebiasaan buruk ini, maka hal ini dapat merugikan diri anda sendiri dan orang lain. Maka daripada itu, pemotor tidak boleh sembarangan dalam berbelok. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai alasan kenapa pemotor tidak boleh sembarangan berbelok, yaitu:

Berisiko menyebabkan kecelakaan dengan pengendara lain

Alasan kenapa pomotor tidak boleh sembarangan berbelok, yang pertama yaitu, bahwa sembarangan berbelok dapat berisiko menyebabkan kecelakaan dengan pengendara lain. Hal ini karena, kondisi jalanan yang ramai, sehingga mungkin di belakang anda masih ada banyak pengendara lain.

Maka permasalahan akan mulai terjadi jika anda sembarangan berbelok karena tidak semua pengendara di belakang anda siap dengan manuver anda yang sembarangan dan akhirnya terjadilah kecelakaan.

Oleh karena itu, jika anda hendak berbelok, maka setidaknya anda dapat menyalakan lampu sen minimal 25 meter sebelum berbelok. Hal ini dimaksudkan agar pengendara lain tahu jika anda akan berbelok sehingga mereka akan memberikan sedikit ruang gerak bagi anda agar mudah melakukan manuver.

Tidak sesuai dengan aturan berkendara

Alasan kenapa pemotor tidak boleh sembarangan berbelok yang kedua, yaitu bahwa berbelok secara asal-asalan atau sembarangan tidak sesuai aturan keselamatan saat berkendara di jalan raya. Oleh karena itu, jika ada polisi lalu lintas yang kebetulan sedang beroperasi kemudian melihat aksi sembrono atau ceroboh anda saat berbelok, mungkin saja, jika polisi tersebut mengejar dan menegur anda.

Bahkan, bisa saja anda terkena tilang atau mungkin surat izin mengemudi (SIM) anda bisa di cabut. Oleh karena itu, berkendaralah dengan baik dan benar serta selalu mengutamakan keselamatan. Dengan tidak memperhatikan cara berkendara yang baik, tentu saja bisa dijadikan sebagai acuan bahwasannya anda belum memenuhi kualifikasi untuk berhak memiliki SIM. Untuk itu, dengan memperhatikan cara berkendara yang baik dan patuh, tentu tak hanya membawa dampak baik pada diri anda sendiri, melainkan orang lain pun bisa lebih aman.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai alasan kenapa pemotor tidak boleh sembarangan berbelok saat sedang berkendara. Dengan alasan apapun, yang namanya salah tetap saja salah dan tidak boleh dilakukan. Mungkin saja sekali dua kali jika anda melakukan kebiasaan buruk tersebut, bisa aman – aman saja.

Namun suatu waktu saat anda sedang tidak beruntung, bisa saja kendaraan besar seperti halnya truk akan menabrak anda karena ketidakpatuhan dalam berkendara. Anda sekarang sudah paham bukan, seberapa besar resiko yang akan ditimbulkan jika anda tetap ingin melakukan kebiasaan buruk tersebut. Mara bahaya akan menghantui anda kapan saja dan dimana saja. Sekali lagi penting untuk diingat kebiasaan berkendara yang tidak baik, mulai dari sekarang sebaiknya ditinggalkan saja ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *