Inilah 5 Komponen Motor Yang Wajib Diperiksa Ketika Musim Hujan

Inilah 5 Komponen Motor Yang Wajib Diperiksa Ketika Musim Hujan – Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki dua musim yang berbeda, yaitu musim panas dan musim hujan. Tidak di pungkiri lagi, sekarang ini hampir di seluruh daerah di Indonesia mulai di guyur hujan. Nah, sebagai pengendara sepeda motor kita harus selalu merawat dan menjaga kendaraannya agar tetap lancar dan stabil, apa lagi pada saat musim hujan. Pengendara mesti mempersiapkan kendaraannya supaya tetap bisa di jalankan dengan baik. Salah satunya yakni mengechek beberapa komponen yang berperan penting bagi sepeda motor. Akibat penggunaan motor yang lumayan panjang di musim panas atau kemarau, sebenarnya ada saja kemungkinan beberapa komponen motor sudah tidak layak untuk digunakan dan harus memerlukan perbaikan. Maka dari itu, mengechek atau memeriksa komponen motor itu sangat diperlukan bagi pengendara.

inilah-5-komponen-motor-yang-wajib-diperiksa-ketika-musim-hujan-1

Advertisement

Pasalnya, pemeriksaan secara berkala saja tidak menjamin sepeda motor yang kita miliki dapat selalu dalam kondisi yang baik. Mungkin saja ada komponen-komponen motor yang perlu di ganti atau sudah tidak layak pakai. Misalnya, ada komponen yang rusak dan harus di perbaiki dan lain sebagainya. Namun harus di dukung juga dengan spare part atau suku cadang asli dari pabrikannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami Dapur Otomotif akan berbagi sedikit tips untuk anda semua mengenai 5 komponen motor yang wajib diperiksa ketika musim hujan. Oke, langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

inilah-5-komponen-motor-yang-wajib-diperiksa-ketika-musim-hujan-2

Untuk komponen yang wajib di periksa ketika musim hujan, yaitu sebagai berikut :

  1. Pemeriksaan Tutup Busi (Cap Supressor)

Tutup Busi (Cap Supressor) sangat memiliki peranan penting untuk mencegah terjadinya motor mati atau mogok pada saat melintasi genangan air di musim hujan. Nah, apa bila karet yang terdapat pada tutup busi sudah mulai keras, upayakan anda harus menggantinya dengan yang baru agar sistem pengapian pada busi bisa berfungsi dengan baik dan benar.

  1. Pemeriksaan Oil Seal & Dust Seal

Seal pada sebuah kendaraan memang cukup berperan penting, yaitu berfungsi untuk mencegah air dan debu masuk ke dalam komponen motor dan dapat menimbulkan kerusakan. Apa bila dust seal yang terdapat di bagian roda sudah tidak layak digunakan, maka mengakibatkan air atau debu dapat masuk ke area bearing (bantalan roda). Pastinya hal semacam ini akan menimbulkan korosi yang dapat membuat bearing berputar tidak normal.

  1. Permeriksaan Lampu

Lampu pada sepeda motor berfungsi sebagai indikator atau penunjuk arah ketika sepeda motor digunakan pada saat hujan dan malam hari. Apa bila lampu motor tidak berfungsi lagi, maka dapat membahayakan pengendaraa motor pada saat malam harus apa lagi ketika keadaan hujan, karena jarak pandang bagi pengendara akan berkurang.

  1. Pemeriksaan Rem

Rem merupakan salah satu komponen penting bagi sebuah kendaraan, karena berfungsi sebagai penghambat laju kendaraan. Maka dari itu, rem harus diperhatikan dengan baik dan di chek secara berkala. Apa bila rem sudah aus atau bermasalah tentunya akan mempersulit pengendaraa ketika ingin menghambat laju atau menghentikan kendaraan.

  1. Pemeriksaan Ban

Untuk pemeriksaan yang terakhir yaitu ban. Pastikan ban pada motorĀ  anda masih layak pakai dan masih tebal. Apa bila ban sudah mulai tipis, maka traksi pada permukaan jalan akan berkurang apa lagi pada saat jalanan basah. Ban yang sudah tipis dapat membuat pengenara sulit untuk mengendalikan sepeda motor yang dikendarainya dan bahkan dapat mengakibatkan pengendara jatuh. Oleh karena itu, ban yang sudah tidak layak pakai atau tipis sebaiknya diganti dengan yang baru.

Demikian ulasan dari kami mengenai 5 Komponen Motor Yang Wajib Diperiksa Ketika Musim Hujan. Dengan melakukan ke lima langkah tersebut, pastinya sepeda motor yang kita kendarai bisa berjalan dengan lancar dan tetap prima ketika digunakan pada saat musim hujan dan tentunya juga dapat menjegah terjadinya kerusakan pada sepeda motor yang kita miliki. Jangan lupa baca juga artikel lainnya seperti Cara Setting Ulang Oli Samping Ninja R 150 Dengan Mudah dan Tips Memasang Amplifier Mobil Dengan Baik & Benar

Inilah 5 Komponen Motor Yang Wajib Diperiksa Ketika Musim Hujan | rino | 4.5