Cara Mudah Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet & Tahan Lama

Cara Mudah Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet & Tahan Lama РSebagai salah satu komponen yang berfungsi sebagai pemasok listrik, keberadaan aki pada sebuah kendaraan harus diperhatikan dan juga harus di cek secara teratur, terutama pada mobil.  Karena, jika tidak diperhatikan dengan baik dan benar maka keberadaan aki pun akan sering mengalami masalah. Seperti yang kita tahu, bawha aki pada sebuah kendaraan memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk menyalakan komponen-komponen kendaraan yang memang memerlukan daya listrik. Sehingga apa bila aki kendaraan mengalami kerusakan atau bahkan mati, maka komponen-komponen yang memerlukan tenaga listrik pun tidak akan berfungsi atau menyala. Misalnya seperti, starter, lampu, audio video, sistem pendingin (AC) dan masih banyak lagi part atau komponen-komponen yang memang memerlukan tenaga listrik.

Advertisement

Aki yang bermasalah atau mengalami kerusakan tentu akan berdampak pada komponen serta fitur kendaraan. Maka dari itu, aki pada kendaraan mesti dirawat dan juga diperhatikan dengan baik supaya lebih tahan lama untuk di gunakan serta tidak mudah rusak. Terkadang, banyak para pemilik atau pengguna mobil yang menyepelekan keberadaan aki, sehingga kondisi aki jarang diperhatikan dengan baik. Padahal aki sendiri memiliki peran yang sangat vital bagi sebuah kendaraan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tips untuk anda semua mengenai cara merawat aki mobil agar tetap awet dan tahan lama yang mungkin dapat berguna untuk anda semua. Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mudah Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet & Tahan Lama :

  • Matikan Komponen Elektronik Sebelum Mesin Dimatikan

Langkah pertama yang dapat anda lakukan yaitu, matikan semua peralatan elektronok yang aktif sebelum mesin mobil dimatikan. Mulai dari lampu depan, lampu belakang, lampu interior, kemudian lampu parkir, wiper mobil, radio, GPS (perangkat navigasi), lalu perangkat video dan juga pemutar musik mesti di matikan pada saat ingin mematikan mesin mobil anda. Sehingga aki mobil anda pun akan tetap terawat.

  • Aki Mobil Harus Terisi Penuh Apabila Mobil Tidak Dinyalakan Selama 1 – 2 Minggu.

Pada saat anda tidak menyalakan mesin mobil selama satu sampai dua minggu, maka aki mobil pun akan mengalami kekeringan dan juga tidak ada muatan listrik. Oleh karena itu, jangan biarkan aki mobil anda mengering (tidak ada daya listrik). Pastikan aki mobil anda terisi penuh (sudah di charge) supaya aki mobil anda tidak mengalami kekosongan daya listrik di dalamnya. Panaskan mesin mobil secara taratur, meskipun hanya beberapa menit saja agar aki mobil anda tetap terisi dengan penuh.

  • Hindari Korosi

Terminal pada aki juga sangat penting fungsinya, jika termial aki mengalami korosi atau karat tentu akan berpengaruh pada kinerjanya dan juga dapat memperpendek usia aki. Namun, jika anda tidak sempat atau tidak bisa membersihkannya sendiri, sebaiknya bawa mobil anda ke montir atau bengkel terdekat, walaupun hanya satu kali dalam sebulan.

  • Periksa Kabel dan Dudukan Aki

Untuk yang terakhir silahkan periksa dudukan aki, jika dudukan aki sudah mulai berkarat, sebaiknya anda segera ganti dengan yang baru. Sebab, jika dudukan aki sudah berkarat atau rusak dan dipaksakan, kemungkinan besar akan berdampak pada aki itu sendiri yang mengakibatkan posisi aki menjadi tidak stabil dan akan membuat aki jadi cepat rusak. Drive belt juga mesti di cek dengan baik, sebab apabila terjadi kerusakan maka akan membuat proses pengsisian aki menjadi tidak sempurna.

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan untuk anda semua para setia pembaca Dapurotomotif.com mengenai Cara Mudah Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet & Tahan Lama. Semoga informasi tips kali ini dapat bermanfaat dan juga dapat menginspirasi anda ketika ingin melakukan perawatan aki pada mobil kesayangan anda. Terima kasih

Cara Mudah Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet & Tahan Lama | rino | 4.5