Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Atau Soak

Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Atau Soak – Memiliki kendaraan bermotor hendaknya kita perlu memperhatikan dan merawat komponen kendaraan serta fitur-fitur yang terdapat didalamnya, shingga komponen pada kendaraan kita dapat berfungsi dengan baik dan lancar. Sama halnya dengan jantung manusia yang berfungsi sebagai pengalir listrik dan juga sebagai pengalir darah ke seluruh organ tubuh, sehingga organ-organ yang terdapat dalam tubuh manusia dapat bekerja dan berfungsi dengan baik. Begitu pun yang terdapat pada suatu kendaraan, dimana komponen yang satu memiliki fungsi cukup penting yaitu berfungsi untuk menjalankan banyak fitur. Dan komponen tersebut adalah yang biasa kita kenal dengan nama AKI. Aki adalah salah satu komponen kendaraan yang memiliki peranan penting bagi di dalamnya, dimana aki ini berfungsi sebagai penyalur arus listrik ke semua fitur-fitur yang memang memerlukan daya listrik. Di antaranya seperti lampu penerangan, starter, klakosn dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, agar semua fitur tersebut dapat berfungsi secara optimal, maka kita perlu melakukan perawatan pada aki agar semuanya dapat berfungsi dengan baik dan lancar.

Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Atau Soak

Advertisement

Aki sendiri terbagi dalam dua macam jenis yang berbeda, dimana aki yang biasa digunakan pada sebuah kendaraan adalah jenis aki kering dan aki basah. Tentunya dari dari ke dua jenis aki tersebut memiliki perbedaan dalam cara merawatnya, dimana jenis aki kering ini tidak perlu membutuhkan perawatan sama sekali, sedangkan untuk aki basah ini sangat memerlukan perawatan pada level cairannya. Meskipun jenis aki kering ini tidak perlu membutuhkan perawatan, lalu bagamana jika aki kering ini mengalami sebuah kerusakan atau soak? Tenang, anda tidak perlu khawatir karena di sini kami akan membahas tentang Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Atau Soak.

Akan tetapi, sebelum melakukan perbaikan pada aki tersebut, sebaiknya kita siapkan terlebih dahulu beberapa ala dan juga barang seperti suntikan, obeng min (-) dan juga cairan aki yang baru untuk isi ulang. Nah, jika semuanya sudah lengkap, selanjutnya tinggal melakukan perbaikan pada aki yang rusak atau soak. Adapun cara untuk memperbaiki bisa anda simak di bawah ini.

Baca juga : Tips dan Cara Memperbaiki Karburator Yang Banjir

Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Atau Soak :

  1. Pertrama-tama copot atau lepas terlebih dulu aki kering yeng terdapat didalam box penyimpanan aki pada motor anda sambil meningat susunan kabelnya.
  2. Selanjutnya silahkan buka tutup aki kering tersebut dengan memakai obeng min dan jika tutup aki tersebut sulit untuk di buka maka anda bisa melakukan dangan cara paksa. Sebab hal itu dikarenakan tutup aki kering tersebut sudah tertempel rapat dengan lem oleh pabriknya.
  3. Kemudian jika tutup aki kering sudah bisa di buka, maka yang harus anda lakukan adalah melihat lubang yang tertutupi oleh karet kira-kira berjumlah tiga lubang.
  4. Lalu, anda bisa melakukan pengisian ulang terhadap aki kering kendaraan anda dengan cara memasukan cairan aki yang baru ke dalam lubang aki kering dangan ketinggian 1 cm.
  5. Nah, setelah aki kering sudah terisi penuh dengan cairan aki yang baru, kemudian silahkan anda tutup kembali aki kering dengan rapat pada lubang pengisian. Kemudian masukan kembali aki kering yang telah di isi ulang tersebut ke dalam box penyimpanan aki motor anda dan pastikan kabel-kabelnya terpasang dengan susunan yang benar.
  6. Dan untuk cara yang terakhir yaitu melakukan uji coba dengan cara menyalakan kendaraan anda dengan menggunakan kick starter sampai mesin nyala atau hidup. Dan biarkan kurang lebih selama 15 menit, hal ini bertujuan untuk mencharger aki kering yang ada pada kendaraan anda.

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Atau Soak. Semoga artikel tentang tips kali ini bisa bermanfaat untuk anda dan bisa anda lakukan di rumah jika aki kering kendaraan anda mengalami kerusakan atau soak. Terima kasih

Incoming search terms:

  • aki kering soak
  • cara memperbaiki aki kering
  • memperbaiki aki kering
  • Aki kering
  • cara memperbaiki aki kering yang soak
  • Memperbaiki AKI kering soak
  • cara perbaiki aki kering soak
  • cara memperbaiki aki kering yg soak
  • https://dapurotomotif com/cara-mudah-memperbaiki-aki-kering-yang-rusak-atau-soak/
  • cara perbaiki aki kering yg rusak
Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Atau Soak | rino | 4.5