Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin Mudah

Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin Mudah – Air Conditioner (AC) dapat disebutkan yang menjadi satu diantara komponen paling vital yang terdapat pada mobil, sebab komponen yang satu ini bakal punya pengaruh pada kenyamanan penumpang serta pengemudi yang ada di dalamnya. Terutama waktu musim panas, kehadiran AC bakal begitu terasa penting fungsinya untuk menjadikan keadaan di dalam mobil tetap terasa dingin dan sejuk. Malahan pada saat musim penghujan, AC juga tetap mempunyai fungsi yang cukup menolong pengemudi untuk menggerakkan kendaraan dengan cara lebih aman sebab menjadikan kaca tak gampang berkabut. Oleh karena itu, menjaga dan merawat AC mobil dengan baik dan benar sangat begitu penting, supaya fingsinya masih tetap berjalan dengan normal.

Advertisement

Meskipun sepertinya trelihat lebih nyaman, tetapi mobil yang di lengkapi oleh AC juga tidak terlepas dari permasalahan. Misalnya seperti mobil terasa panas meski AC yang terdapat di dalamnya sudah dinyalakan, atau mobil mengeluarkan bau yang tidak enak di dalamnya pada saat AC mulai dinyalakan. Hal itu mungkin beberapa permasalahan biasa yang sering muncul pada AC mobil yang mungkin karena langkah menjaga dan merawat AC mobil yang salah. System pendingin pada mobil yang menjadi komponen yang kerap dipakai sepertinya memerlukan perhatian spesial supaya masih tetap awet dan tahan lama.

Lantas bagaimanakah cara merawat AC mobil yang baik dan benar? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips dan cara merawat AC mobil dengan baik dan benar, agar AC di dalam mobil anda pun akan tetap terasa dingin dan awet serta menjaga kenyamanan di dalam raung mobil. Yuk, langsung saja kita simak ulasan-ulasan di bawah ini.

Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin Mudah :

  1. Pertama, anda harus rajin membersihkan kabin dari kotoran serta debu, terlebih saat mobil habis digunakan untuk berkendara atau saat dipakai untuk ngangkut banyak penumpang. Karpet yang terdapat di bagian depan adalah daerah yang paling rawan kotor, jadi mesti memperoleh perhatian khusus supaya tak menyebabkan munculnya permasalahan pada AC mobil.
  2. Setelah anda memberihkan kabin serta karpet dari debu dan kotorn, kemudian anda juga harus bersihkan komponen kondensornya sebab permasalahan pada AC kerap berlangsung sebab kondensor yang rusak atau kotor. Menghilangkan debu serta kotoran yang melekat pada kondensor sampai betul-betul bersih, sebab kotoran yang ketinggalan serta melekat kurun waktu yang lama dapat menyebabkan kebocoran serta korosi pada komponen kondensor.
  3. Selanjutnya, pastikan anda tidak membuka jendela mobil ketika sedang berkendara, terutama pada saat menyalakan system pendingin yang terdapat padaa mobil. Pasalnya, hal semacam ini bakal menyebabkan debu atau kotoran dari luar akan masuk ke dalam mobil, sehingga dapat mengotori AC dan akan membuat kinerja mesinnya yang berfungsi untuk mendinginkan ruang mobil menjadi kurang maksimal dan juga dapat menyebabkan bau tidak enak.
  4. Kemudian, hindari rutinitas merokok di dalam mobil terlebih saat AC tengah dinyalakan. Asap rokok yang masuk kedalam AC bakal menjadikan kandungan nikotinnya mengotori evaporator serta membuatnya berlendir maka AC akan mengeluarkan bau tak enak.
  5. Gunakanlah filter kabin yang berfungsi sebagai penyaring debu serta kotoran yang masuk ke dalam mobil, sehingga kotoran tidak terhisap AC serta mengotori evaporatornya. Filter kabin ini juga mesti di check dengan teratur saat mobil diservice. Mintalah mekanik untuk menyemprot sektor ini supaya bersih atau dapat juga menggantinya dengan yang baru apa bila sudah tidak layak pakai.
  6. Berikutnya, janganlah segera menyalakan AC saat mobil dihidupkan merupakan langkah merawat AC mobil yang paling mudah serta tidak sering di sadari. Yakinkan AC dalam kondisi mati dan baru kemudian dihidupkan waktu mesin mobil performanya sudah mulai stabil.
  7. Langkah menjaga AC mobil supaya dingin serta awet pula bisa dikerjakan dengan memilih tempat yang sejuk serta tidak terkena cahaya matahari secara langsung waktu parkir mobil. Hal semacam ini bermanfaat untuk melindungi supaya kabin tidak cepat panas, sehingga AC tidak bekerja sangat berat saat tengah dinyalakan.
  8. Cermati pula rpm mobil saat AC tengah dinyalakan. Rpm yang sangat rendah atau tak sesuai dengan biasanya bakal punya pengaruh pada dingin atau tidaknya AC yang terdapat di dalam mobil.
  9. Nah, Apa bila system pendingin atau AC mobil yang digunakan di lengkapi oleh extra fan atau kipas kondensor, maka langkah merawat AC mobil ini mesti mengecek putarannya dengan cara teratur.

Itulah beberapa tips dari kami mengenai Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin Mudah. Dengan mengerjakan perawatan pada AC mobil yang anda miliki secara teratur tidak hanya dapat membuatnya tahan lama, namun hal ini juga berfungsi untuk mencegah berbagai kerusakan yang bisa saja muncul pada AC mobil. Demikian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat dan juga bisa menjadi bahan referensi ketika anda ingin merawat AC mobil anda. Terima kasih

Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin Mudah | rino | 4.5