Cara Mengganti Mechanical Seal Honda CB150R Yang Rusak

Cara Mengganti Mechanical Seal Honda CB150R Yang Rusak – Tahu kah anda tentang Mechanical seal pada kendaraan? Mechanical seal merupakan salah satu part atau komponen yang berfungsi untuk membantu menutup kebocoran cairan di dalam sitem penggerak layaknya (pompa sntrifugal), dimana sistem pompa yang terdapat pada median cairan yang bisa bertekanan dan juga dapat bekerja pada satu tempat atau wadah yang memang bekerja dalam dua jenis cairan yang berbeda misalnya seperti coolant dan oli. Pada umumnya, Mechanical seal ini bekerja di bagian impeller pompa atau turbin yang mampu berputas begitu cepat, biasanya mengikuti putaran mesin serta bekerja di dalam tekanan yang sangat tinggi atau aliran cairan yang cepat dan juga panas. Peran mechanical seal sendiri yaitu untuk menjaga masing-masing komponen atau part yang berputar di water pump supaya tidak bocor. Apa bila mechanical seal mengalami kerusakan atau kebocoran, maka akan terdapat tetesan dari selang yang ada di dalamnya.

Advertisement

Akan tetapi, yang menjadi permasalahan ialah apa penyebab Mechanical seal mengalami kerusakan dan juga bocor? Biasanya, kerusakan atau kebocoran pada mechanical seal ini terjadi disebabkan karena usia motor yang sudah tua dengan pemakaian yang sangat lama, serta poros water pump yang sudah karatan. Nah, untuk mengetahui apa penyebab Mechanical seal mengalami kerusakan, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips untuk anda semua mengenai Cara Mengganti Mechanical Seal Honda CB150R Yang Rusak. Silahkan anda simak pada ulasan-ulasan di bawah ini.

Persiapan Sebelum Mengganti Mechanical Seal :

  • Sebelum mengganti mechanical seal pada motor Honda CB150R, silahkan dinginkan terlebih dahulu motor Honda CB150R anda.
  • Selanjutnya, silahkan pindahkan oli dari bak mesin motor anda bila masih baru, apa bila sudah lama mending anda buang saja.
  • Kemudian silahkan keluarkan semua air radiator sampai habis.

Cara Mengganti Mechanical Seal Honda CB150R Yang Rusak :

  1. Cara pertama yang harus anda lakukan ialah mencopot selang air radiator dari blok mesin.
  2. Kemudian tutup water pump dengan memakai baut-baut yang tadi sudah di lepas.
  3. Selanjutnya, silahkan anda copot kabel kopling dari stut penekan kopling.
  4. Lalu copot juga bak kopling dari dudukannya dengan memakai baut yang menempel pada bagian bak kopling terlebih dulu.
  5. Berikutnya, gear yang berhubungan sekaligus sebagai penggerak pada wate pump, yaitu dengan cara memutar gear ke arah bawah sampai as atau poros yang menghubungkan gear serta water pump terlepas.
  6. Setelah itu, silahkan anda lepaskan baling-baling water pump dengan menjepit bagian belakang dan juga sisi bagain depan, Kemudian putar baling-baling secara berlawanan dengan arah jarum jam, memang untuk bisa melepasnya anda memerlukan tenaga yang cukup besar.
  7. Jika semuanya sudah terlepas, periksa as ataupun poros baling-baling takut ada karat atau goresan, jika ada silahkan anda haluskan dengan memakai ampelas 1000.
  8. Kemudian lepaskan mechanical seal, unuk bisa melepas mechanical seal memang cukup sulit dan mesti dengan memakai alat khusus. Karena, mechanical seal ini cukup merekat dengan sangat kuat, jika anda tidak mempunyai alat – alatnya anda juga bisa memakai obeng atau tang.
  9. Jika masih dirasa sulit, silahkan anda pukul-pukul bagian sealnya yang ada di sisi bagian dalam secara perlahan – lahan dan hati-hati. Apa bila sudah terlepas, silahkan anda ganti mechanical seal dengan yang baru.
  10. Nah, setelah itu, silahkan anda pasangkan lagi part atau komponen-komponen yang tadi  anda lepaskan ke tempat semula.

Baca juga : Cara Setting Jam Digital Pada Motor Honda CB150R

Sekian tips mengenai Cara Mengganti Mechanical Seal Honda CB150R Yang Rusak dari kami. Mudah-mudahan tips yang kami berikan pada kesempatan reviw kali ini bisa berguna dan juga bisa menjadi referensi serta dapat menambah pengetahuan anda mengenai mechanical seal. Jangan lupa kunjungi terus website kami agar anda mendapat informasi terbaru tentang berita seputar dunia otomotif. Terima kasi

Incoming search terms:

  • cara mengganti seal mechanical cb150r
  • seal mechanical cb150r
  • ganti seal mechanical cb150r
  • seal radiator cb150r
  • KEGUNAAN SEAL STUD KOPLING HONDA CB150
  • seal mechanical honda cb 150 r
  • water pump radiator motor cb150r
  • as mechanical cb150r
  • ari radiator bocor di bagian block kopling cb150
  • arah dari air radiator cb 150 r
Cara Mengganti Mechanical Seal Honda CB150R Yang Rusak | rino | 4.5