Cara Mengganti Air Radiator Yamaha NMAX Mudah

Cara Mengganti Air Radiator Yamaha NMAX Mudah – Yamaha NMAX merupakan salah satu jenis skuter matic kelas premium berkapasitas 150 cc yang diproduksi oleh pabrikan sepeda motor asal Jepang, yaitu Yamaha. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa skuter matic Yamaha NMAX adalah sebuah jawaban bagi para pecinta otomotif yang memang ingin memiliki sebuah kendaraan berperforma power full dan tentunya lain dari skutik-skutik yang sudah ada. Namun, sebelum skuter matic Yamaha NMAX ini di luncurkan ke pasaran otomotif, Honda telah lebih dulu meluncurkan skuter matic berkapasitas 150 cc, yakni Honda Vario 150 dan Honda PCX 150. Tetapi, jika dibandingkan dengan Vario dan PCX, skuter matic Yamaha NMAX ini memiliki desain body yang cukup besar. Namun, pada kesempatan kali ini kami tidak akan menjelaskan secara detail tentang spesifikasi Yamaha NMAX, melainkan hanya memberikan beberapa tips tentang cara mengganti coolant atau air radiator Yamaha NMAX yang mungkin bisa berguna untuk anda semua. Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa air radiator merupakan salah satu komponen yang berperan sangat penting bagi sebuah kendaraan. Yang mana air radiator ini berfungsi untuk menyerap panas dari mesin lewat coolant atau cairan radiator kemudian di alirkan melalui water jacket yang ada di bagian kepala silinder dan silinder.

cara-mengganti-air-radiator-yamaha-nmax-mudah

Advertisement

Setelah itu, cairan panas yang dihasilkan oleh mesin tersebut kemudian akan di dorong atau di serap menuju bagian radiator melalui pipa kecil yang di dalamnya terdapat cairan coolant atau air radiator dalam jumlah yang cukup banyak. Dengan begitu, maka suhu pada mesin akan menurun dan tidak akan overheat. Kemudian cairan coolant yang sudah di dinginkan tadi akan kembali lagi atau berputar ke dalam mesin. Oleh karena itu, mengingat begitu pentingnya peran air radiator pada sebuah kendaraan, maka kita harus memperiksa cairan coolant atau air radiator secara teratur. Apa bila air radiator pada kendaraan sudah mulai habis, segera isi ulang kembali agar radiator pada kendaraan anda dapat bekerja dengan baik. Nah, berikut ini merupakan tips dan Cara Mengganti Air Radiator Yamaha NMAX Mudah yang sudah kami siapkan di bawah ini. Langsung saja kita simak !

Tips & Cara Mengganti Air Radiator Yamaha NMAX Mudah :

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melepas baut cover yang terdapat pada Yamaha NMAX dengan menggunakan kunci T 8. Bila sudah, silahkan lepas atau buka penuturp radiator yang ada di atas kemudian lepaskan baut exhaus (pembuangan cairan coolant atau air radiator) yang terdapat pada bagian bawah radiator dengan menggunakan obeng kembang atau obeng plus (+).
  2. Jika sudah dilepaskan, silahkan taruh cairan coolant yang lama pada wadah. Pastikan cairan coolant atau air radiator yang lama sudah terbuang semua. Tetapi untuk cairan coolant yang terdapat pada tabung resevoir tak bakal terbuang sebab diletakkan di tempat yang berbeda, sebab untuk Yamaha NMAX tabung reservoir nya diletakkan di bagian bawah radiator.
  3. Untuk dapat buang air coolant di tabung reservoir, silakan buka selang di bawah tabung itu.
  4. Caranya bukalah cover board rest atau yang sering kita kenal dengan pijakan kaki, ada 4 clipper yang dapat di buka menggunakan obeng plus (+). Tusuk di bagian tengah clippernya lalu tarik hingga lepas. Kemudian, kalian dapat lihat tabung reservoir serta dapat mencabut selang di bagian bawah dengan cara membuka penjepit dengan menggunakan tang.
  5. Setelah itu, lepaskan karet atau alas yang terdapat pada pijakan kaki dan cover penutup serta karet penutup tabung reservoir kemudian ditarik ke atas sampai lepas semuanya.
  6. Kalau air radiator atau coolant pada tabung reservoir serta radiator telah terbuang semuanya, silakan gunakan sekali lagi baut penutup pada lubang pembuangan radiator serta pasangkan sekali lagi selang di tabung reservoir. Hingga di sini kalian dapat mengisikan cairan coolant yang baru hingga terisi penuh, jangan terlalu banyak dan jangan sampai tumpah.
  7. Selanjutnya gunakan sekali lagi karet penutup, cover tabung reservoir serta karet pijakan kaki bawah seperti awal mulanya. Kemudian, silahkan nyalakan mesin cukup beberapa menit saja dan biarkan radiator terbuka, lalu saksikan batas ketinggian cairan coolant atau air radiator pada bibir radiator nya.
  8. Apa bila tidak menyusut atau jadi meluap, silakan matikan mesin serta tutup kembali radiator nya hingga terkunci. (bila kesusahan waktu mengisi air radiator melalui lubang radiator nya, kalian dapat buka dahulu baut cover yang ada di samping pijakan kaki dengan memakai kunci L).
  9. Dan untuk langkah yang terakhir, anda dapat menempatkan kembali komponen yang telah dilepaskan ke tempat semula.

Baca juga : Ini Dia Penyebab Air Radiator Cepat Habis atau Aus

Demikian ulasan dari kami tentang Cara Mengganti Air Radiator Yamaha NMAX Mudah yang mungkin dapat anda praktekan di rumah sendiri. Semoga informasi dan tips yang telah kami berikan pada kesemapatan review kali ini bisa menambah pengetahuan anda tentang seputar dunia otomotif. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • air radiator nmax
  • berapa km ganti air radiator nmax
  • cara mengisi air radiator nmax
  • cara mengganti air radiator nmax
  • Cek air radiator nmax
  • air radiator aerox 155
  • air kabilator aerok
  • cara cek air radiator nm
  • coolant untuk aerox 155
  • gambar aerox 155 vva air radiator
Cara Mengganti Air Radiator Yamaha NMAX Mudah | rino | 4.5