Cara Mengendarai Mobil Matic Dengan Mudah & Aman

Cara Mengendarai Mobil Matic Dengan Mudah & Aman – Dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju, membuat setiap orang mampu berkreasi untuk selalu menciptakan sesuatu yang baru dan modern yang pastinya berguna untuk kita semua. Seperti halnya pada sebuah kendaraan, baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat (mobil). Seperti yang kita tahu, sekarang ini perkembangan kendaraan di Indonesia tiap tahunnya selalu mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Jenisnya pun sangat beragam, mulai dari yang manual hingga automatis (matic). Nah, pada kesempatan ini kami Dapurotomotif.com akan membahas mengenai mobil matic. Mobil matic merupakan salah satu jenisĀ  kendaraan roda empat yang mampu memberikan kenyamanan dan keamanan tersendiri bagi pengendaranya. Tetapi, bagi yang belum terbiasa mengendarai mobil matic mungkin akan mengalami sedikit kesulitan, terutama untuk para pemula. Karena, untuk dapat mengendarai mobil matik butuh penyesuaian dan juga pengetahuan tinggi, khususnya untuk orang yang baru pertama kali mengendarai mobil.

Advertisement

Sebenarnya mengendarai mobil matic ini cukup mudah dan aman, karena terlihat lebih sederhana jika dibandingkan dengan mobil manual dan tentunya mobil matic ini juga tidak begitu sulit untuk di kendarai. Namun, terkadang pengendara atau pemilik mobil matic tidak memiliki waktu luang untuk membaca atau mempelajari buku panduan yang di sediakan oleh para dealer dan juga perusahaan mobil. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada mobil, misalnya mesin mobil tidak berjalan dengan normal. Nah, untuk anda para pemula atau yang belum terbiasa mengendarai mobil matic dan ingin mengetahui bagaimana tips dan cara mengendarai mobil matic, berikut ini merupakanĀ Cara Mengendarai Mobil Matic Dengan Mudah & Aman yang sudah kami siapkan untuk anda semua. Simak ulasannya di bawah ini !

Cara Mengendarai Mobil Matic Dengan Mudah dan Aman :

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memerhatikan urutan atau tempat perubahan tuas gigi transmisi. Cara menghafal urutan gigi transmisi ini sangat penting bagi anda dan harus betul-betul anda kuasai, karena selain bertujuan untuk menghindari kekeliruan dalam mengoper gigi transmisi yang bakal mengakibatkan kerusakan pada gigi transimisi, hal ini juga sangat berguna untuk anda karena anda dapat meyesuaikan dan dapat terbiasa dalam menggunakan gigi transmisi automatis (matic).
  • Selanjutnya, silahkan lepaskan kaki kiri anda dari pedal kopling secara perlahan, sebab pada mobil matic cuma ada dua type pedal yakni pedal rem, serta pedal gas. Hal semacam ini mempunyai tujuan agar kaki kiri kalian punya kebiasaan terlepas untuk mengurangi kemungkinan salah injak pedal rem waktu rpm mobil kalian dalam kondisi naik.
  • Kemudian, lakukan diri kalian untuk senantiasa mencapai pedal rem setiap saat kalian akan ganti gigi transmisi, ini mempunyai tujuan agar saat kalian ganti gigi transmisi mobil kalian tak bergerak dengan sendirinya. Ini adalah hal yang remeh tetapi kerap berlangsung dikalangan pemakai mobil matic.
  • Berikutnya, memperhatikan jalan dan harus konsentrasi penuh ke jalan yang akan anda lewati, kalian mesti cermat dalam membaca kondisi jalan yang terdapat di sekitar kalian, apa bila jalan yang kalian lewati penuh dengan tanjakan dianjurkan untuk memindahkan atau mengoper gigi transmisi ke posisi L. Dalam kondisi itu gigi transmisi cuma dapat beralih dari gigi satu hingga gigi dua. Sementara itu untuk keadaan jalanan yang alami penurunan, pada posisi ini pula berperan sebagai engine break, maka mesin bekerja dengan maksimal.
  • Untuk langkah atau cara yang terakhir adalah memahami fungsi tombol hold. Penting bagi pengendara untuk memahami tombol hold yang terdapat di dalam mobil. Tombol hold merupakan fitur pengunci gigi yang bisa digunakan saat keadaan tuas ada di posisi D serta saat tombol ini diaktifkan jadi dengan cara automatis mengunci mobil pada transmisi gigi dua serta tiga. Fitur tombol hold juga berfungsi untuk menghemat bahan bakar, terutama pada saat jalanan sedang macet.

Satu lagi tips untuk kalian para pengendara mobil matic yakni kerap mengecheck keadaan mesin, saat mesin begitu panas terlebih waktu mengemudi jarak jauh, baiknya stop sebentar untuk menyetabilkan mesin dalam kondisi dingin. Kerjakan perawatan mesin minimum satu minggu sekali, supaya mesin masih tetap terawat serta nyaman untuk digunakan. Permasalahan yang kerap berlangsung pada mobil matic yakni rem, ubah rem mobil kalian jika rem pada mobil kalian sudah tidak cakram lagi.

Baca juga : Cara Mudah Menambah Tenaga Mesin Pada Mobil

Nah, itulah informasi mengenai Cara Mengendarai Mobil Matic Dengan Mudah & Aman dari kami yang khsusus kami sajikan untuk anda semua. Semoga tips mengendarai mobil matic yang kami barikan di atas tadi bisa berguna untuk anda dan dapat menambah wawasan anda dalam mengetahui berita seputar otomotif. Terima kasih semoga bermanfaat

Incoming search terms:

  • tips aman berkendara mobil matic
Cara Mengendarai Mobil Matic Dengan Mudah & Aman | rino | 4.5