Cara Mengatasi Rem Cakram Yang Macet Mudah & Cepat

Cara Mengatasi Rem Cakram Yang Macet Mudah & Cepat – Seperti yang sudah kita ketahui, rem pada sebuah kendaraan merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Dengan adanya rem pada kendaraan, tentunya akan memudahkan kendaraan kita untuk berhenti pada saat dijalan terjadi masalah. Rem sendiri berfungsi sebagai penghenti laju kendaraan ataupun untuk memperlabat laju pada kendaraan. Coba saja anda bayangkan, jika kendaraan yang anda miliki tidak ada sistem pengereman, tentunya akan membahayakan anda bukan. Oleh karena itu, anda harus rutin mengecek dan merawat motor anda dengan baik dan benar, terutama pada bagian sistem pengereman. Jangan sampai anda mengalami hal-hal yang tidak dinginkan misalnya seperti kecelakaan atau tabrakan yang disebabkan rem pada motor anda rusak. Apa bila sistem pengereman pada motor anda terjadi kerusakan, sebaiknya anda harus segera memperbaikinya supaya berkendara anda pun akan tetap aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.

cara-mengatasi-rem-cakram-yang-macet-mudah-cepat

Advertisement

Baca juga : 40 Gambar Modifikasi Motor Vixion Gaya Thailook

Ada beberapa penyebab yang membuat rem cakram pada motor anda rusak. Salah satunya yaitu ketika rem cakram terus bergesekan dengan kanvas rem, maka yang terjadi bukannya berhenti atau memperlambat laju tetpi motor malah tetap melaju dan tidak mau berhenti. Kemudian pada saat bagian rem cakram di bongkar keadaan pistonnya macet. Lantas bagaimanakah cara untuk mengatasinya? Tenang anda tidak perlu cemas, karena pada kesempatan ini kami akan memberikan tips mengenai cara mengatasi rem cakram yang macet yang sudah kami siapkan untuk anda semua para setia pembaca Dapurotomotif. Langsung saja kita simak di bawah ini !

Cara Memperbaiki Rem Cakram Yang Macet :

Langkah pertama adalah posisikan terlebih dahulu motor dengan menggunakan standar tengah, kemudian lepas baut yang mengikat pada ban depan lalu lepaskan ban tersebut. Selanjutnya lepaskan caliper pada bagian shockbeker lalu keluarkan minyak yang terdapat pada rem. Hati-hati, untuk mengeluarkan minyak rem ini anda harus menggunakan wadah, jangan sampai minyak rem tersebut menempel pada cat motor. Karena, jika minyak tersebut terkena body motor maka body atau warna cat pada motor anda akan rusak dan jika minyak rem tresebut mengenai tangan maka akan terjadi iritasi dan gatal-gatal.

Setelah minyak rem sudah dikeluarkan semua, silahkan bersihkan piston rem dari debu, karat dan kotoran yang menempel. Kemudian cek pistonnya kemungkinan besar piston terkena goresan, untuk menghilangkan debu, kotoran atau karat yang melekat pada piston sebaiknya menggunakan kompon. Karena, selain dapat menghilangkan karat dan kotoran, kompin ini juga dapat menghaluskan permukaan piston yang tergores. Akan tetapi, apa bila piston tersebut terkena goresan yang cukup dalam, sebaiknya anda ganti dengan piston rem yang baru supaya minyak rem pada motor anda tidak bocor.

Tidak cuma itu saja, anda juga mesti bersihkan silinder rem dari karat ataupun kotoran dengan memakai komon, karena kotoran yang melekat pada silinder rem ini cukup sulit untuk menghilangkannya. Setelah semua kotoran sudah dibersihkan, kemudian pasang kembali piston rem yang tadi telah dibersihkan dengan memakai kompon. Dan jangan lupa untuk mengisi kembali minyak rem yang baru ke dalam mastersilinder rem. Sesudah master rem telah di isi dengan minyak rem, langkah berikutnya adalah memasang kembali cakram dan roda yang telah di lepas tadi.

Nah, apa bila semua komponen sudah di pasangkan semua, selanjutnya tinggal membliding atau menyetel ulang sistem pengereman dengan cara membuang angin yang masuk pada rem. Sesudah menyetel ulang sistem pengereman kemudian lakukan pengetesan dijalan, hal tersebut bertujuan untuk mengecek atau memeriksa apakah rem cakram pada sepeda motor anda sudah berfungsi dengan baik atau tidak.

Itulah sedikit tips mengenai Cara Mengatasi Rem Cakram Yang Macet Mudah & Cepat dari kami.  Semoga apa yang telah kami berikan ini bisa menjadi pilihan alternativ bagi anda yang ingin melakukan perbaikan rem cakram pada sepeda motor kesayangannya. Terima kasih, semoga bermanfaat 🙂

Incoming search terms:

  • rem cakram macet
  • https://dapurotomotif com/cara-mengatasi-rem-cakram-yang-macet-mudah-cepat/
  • piston rem cakram motor macet
  • rem cakram ma
  • piston rem cakram macet
  • cara memperbaiki rem cakram depan motor yang macet
  • cara mengatasi cakram macet
  • cara memperbaiki rem depan ninja
  • cara memperbaiki cakram dngn cepat
  • silinder kaliper rem depan
Cara Mengatasi Rem Cakram Yang Macet Mudah & Cepat | rino | 4.5