Cara Memperbaiki CDI & Pulser yang Rusak Dengan Mudah

Cara Memperbaiki CDI & Pulser yang Rusak Dengan Mudah – Pada kesempatan kali ini kami Dapurotomotif akan memberikan sebuah sajian informasi dalam hal bagaimana ciri-ciri dan cara mengetahui atau memperbaiki CDI dan pulser pada sepeda motor yang telah mengalami kerusakan. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa menjelaskan komponen elektronik memang membuat kita repot dan kebingungan jika sepeda motor yang kita kendarai mengalami masalah atau terjadi kerusakan di jalan. Akan tetapi, jika anda mengetahui ciri-ciri penyebabnya, ada beberapa komponen seperti CDI dan pulser pada motor biasanya terdapat tanda atau ciri-ciri jika komponen tersebut sudah lemah atau rusak. Jika komponen telah mengalami masalah atau kerusakan, sebaiknya anda segera memperbaiki atau mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Nah, di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips untuk anda semua mengenai cara memperbaiki CDI & Pulser yang rusak atau lemah dengan mudah.

cara-memperbaiki-cdi-pulser-yang-rusak-dengan-mudah

Advertisement

Cara Mengetahui Ciri-ciri CDI yang Lemah:

Namanya juga komponen elektronik, tentu komponen CDI dan pulser ini kadang-kadang mati begitu saja. Akan tetapi, komponen tersebut memiliki tanda atau ciri-ciri ketika mengalami lemah atau mengalami kerusakan. Hal semacam ini bisa anda ketahui ketika anda membawa sepeda motor anda dengan kecepatan yang tinggi, sama seperti busi yang akan mengalami kerusakan atau mati. Jika anda mengalami masalah seperti itu, langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mengubah dulu posisi busi pada motor anda untuk memastikan apakah penyebabnya terdapat pada busi. Apa bila motor anda masih terasa berat ketika melaju dengan kecepatan tinggi, maka kemungkinan besar masalah itu terjadi pada komponen CDI yang telah mengalami kerusakan.

Sedangkan untuk komponen pulser yang telah lemah, ciri-ciri yang diasakan pada sepeda motor anda yakni hampir sama dengan CDI yaitu akan mengelami penurunan pada performa dan juga akan mengalami det detan. Hal seperti itu sama dengan akibat pada CDI yang telah lemah, pada komponen pulser ini terkadang ketika pada putaran bawah dan atas maka akan mengalami hal seperti itu. Jadi, anda harus segara memperbaiki dan juga mengecek pada saat mesin mengalami abnormal. Ada salah satu kunci untuk mencegah atau menghindari mogok pada saat berada di perjalanan, yaitu dengan menggunakan alat Avometer. Nah, adapun cara untuk memperbaikinya bisa anda lihat di bawah ini.

Cara Memperbaiki CDI & Pulser yang Lemah atau Rusak :

  1. Langkah pertam, anda harus setel terlebih dahulu Avometer pada sinus 200V. Kemudian kabel yang berwarna merah pada begian Avometer di sambungkan ke bagian kabel CDI yang menuju ke bagian coil. Lalu kabel yang berwana hitam pada Avometer di sambungkan ke bagian masa atau bentuk motor. Setelah itu, silahkan anda hidupkan sepeda motor anda dengan menggunakan kick starter. Sebelumnya, kalian lihat terlebih dahulu pada Avometer apakah ada arus atau tegangan yang keluar atau tidak.
  2. Nah, apa bila tidak ada arus atau tegangan maka CDI mengalami lemah atau rusak, dengan catatan tegangan/arus listrik dari sepul dan pulser tidak dapat mengalir ke CDI. Jadi, sebelum melakukan perbaikan anda harus cek terlebih dahulu arus tersebut. Cara untuk memperbaikinya masih sama seperti yang di atas, hanya saja kabel merah pada bagian Avometer di sambungkan ke bagian sepul yang menuju ke CDI.
  3. Namun, apa bila tidak ada Avometer, cobalah menggunakan kabel CDI yang menuju ke bagian coil kemudian di sambungkan ke bagian besi motor lalu hidupkan kembali motor dengan menggunakan starter atau kick starter. Jika terdapat percikan api, berarti CDI masih tetap layak untuk di gunakan. Namun, jika tidak ada percikan api berarti CDI mengalami kerusakan atau lemah. Dengan catatan arus atau tegangan listrik dari sepul dan juga pulser terlihat yang mengalir ke CDI.
  4. Apa bila pada putaran mesin tersendat di putaran atas, hal itu berarti masalahnya terjadi pada bagian coil yang mana coil ini tetap mengeluarkan arus/tegangan yang tinggi namun tidak dapat mengendalikan frekuensi tinggi, sehingga pada lompatan apinya terputus-putus. Demikian juga dengan putaran gas yang di turunkan mesin akan kembali normal seperti semula.

Sekian informasi dari kami mengenai Cara Memperbaiki CDI & Pulser yang lemah atau rusak. Mudah-mudahan dengan informasi tips yang telah kami berikan di atas tadi bisa menjadi sebuah inspirasi dan semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Jangan lupa baca juga Cara Bore Up Harian Honda Vario 125cc Jadi 170cc Kenceng dan Daftar Harga Knalpot CLD Racing Terbaru 2016

Incoming search terms:

  • cara memperbaiki pulser motor
  • mengatasi cdi lemah
  • cara memperbaiki cdi motor yang mati
  • https://dapurotomotif com/cara-memperbaiki-cdi-pulser-yang-rusak-dengan-mudah/
  • Cara memperbaiki cdi
  • cara memperbaiki cdi mobil
  • cara perbaiki cdi motor mati
  • cdi rusak
  • cara memperbaiki cdi motor yang rusak
  • cara memperbaiki cdi shogun yang rusak
Cara Memperbaiki CDI & Pulser yang Rusak Dengan Mudah | rino | 4.5